arrow_upward

Kehadiran ASN Pemko Padang 97 Persen di Hari Pertama Kerja

Senin, 09 Mei 2022 : 20.06

 

Walikota Padang Hendri Septa mencek daftar kehadiran ASN saat sidak di Kantor Bappeda Padang. (charlie).

Padang, Analisakini.id-Di hari pertama kerja pasca libur dan cuti Lebaran 1443 H/2022, Walikota Hendri Septa, Senin (9/5/2022) pagi, langsung melakukan inspeksi mendadak (sidak) guna mencek kehadiran para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup pemerintah kota yang ia pimpin.

Sebelum memulai sidak Wako Hendri memimpin apel gabungan yang diikuti para pimpinan dan ASN yang berkantor di Komplek Perkantoran Balaikota Padang Aie Pacah. Sidak pun dilakukan ke beberapa OPD diantaranya Bappeda dan Dinas Kesehatan.

Walikota mengatakan, pada hari pertama kerja pasca libur Lebaran absensi ASN di lingkup Pemerintah Kota (Pemko) Padang khususnya yang berkantor di Komplek Perkantoran Balaikota yaitu 97 persen. Sisanya dari laporan yang ia terima terdapat ada beberapa ASN yang izin karena sakit dan cuti melahirkan. 

"Cuti Lebaran sampai 8 Mei. Senin, 9 Mei semua ASN wajib masuk kembali. Maka itu tidak ada toleransi jika terdapat temuan ASN menambah libur tanpa alasan yang jelas," ujar Wako.

Seperti diketahui, beberapa hari sebelumnya Walikota Hendri Septa melalui Kepala BKPSDM Arfian sudah mengingatkan para ASN di lingkungan Pemko Padang untuk masuk tepat waktu usai cuti Lebaran.

Hal itu berdasarkan diterbitkannya Surat Edaran (SE) Nomor: 870.605/BKPSDM-PDG/2022 tentang Jadwal Sidak Masuk Kerja Tanggal 9 dan 10 Mei Tahun 2022 di Lingkungan Pemko Padang. SE ini mengacu PP No.94 Tahun 2021 tentang Disiplin PNS serta merujuk Keputusan Bersama 3 Menteri terkait.

"Pada besoknya Selasa, saya juga akan melakukan sidak. Alhamdulillah pada hari ini ASN kita menunjukkan kedisiplinan yang bagus. Jadi ini yang kita inginkan, karena di samping terus meningkatkan kinerja dan pelayanan terhadap publik/masyarakat ASN itu harus disiplin," imbuh Wako.

Sedangkan sejumlah Kepala OPD dan pejabat esselon III di lingkup Pemko Padang juga mendatangi sejumlah OPD. Mereka melihat langsung kehadiran ASN di hari pertama kerja usai libur lebaran. Di antaranya seperti Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tri Hadiyanto yang ditugaskan mengecek langsung kehadiran ASN di Dinas Kominfo Padang. 

Kemudian Kadis Kominfo Rudy Rinaldy yang mendatangi langsung Kantor Dinas Pariwisata, Kadis Sosial Ances Kurniawan yang melakukan inspeksi mendadak di Dinas Pertanian, Kasatpol PP Mursalim di Bagian Umum Setda, dan lainnya. 

Dalam kesempatan itu, Hendri Septa mengatakan, Pemko belum memberlakukan Work From Home (WFH) bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup kerjanya. Pihaknya belum menerima surat edaran tentang WFH bagi ASN selama masa arus balik Idul Fitri 1443 H. “Kita belum terima surat edaran tertulis, karena itu (WFH) belum bisa kita laksanakan,”sebut Hendri Septa.

Dikatakan Hendri Septa, dirinya sudah berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Padang terkait WFH bagi ASN di masa arus balik lebaran. Menurutnya, karena memang sistem kerja pemerintah mesti ada yang tertulis, seperti surat edaran dan lainnya, pihaknya memutuskan belum mengambil kebijakan untuk WFH.

Sementara itu, seperti dikutip dari salah satu media nasional, sejumlah instansi pemerintah menerapkan sistem kerja dari rumah atau ‘work from home’ (WFH) bagi para pegawainya pasca cuti lebaran. 

Kebijakan itu sesuai arahan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo agar seluruh pejabat pembina kepegawaian mengatur jadwal WFH bagi ASN di instansi masing-masing selama seminggu ke depan, 9-13 Mei 2022. Hal ini sekaligus mencegah terjadinya kemacetan saat arus balik lebaran. (cl)


Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved