arrow_upward

Gubernur Buka TMMD Pasaman ke-113, Jalan Baru Bonjol-Suliki akan Dibuka

Rabu, 11 Mei 2022 : 21.30
Gubernur Sumbar Mahyeldi didampingi Kadis PMD Amasrul dan pejabat lainnya saat meninjau lokasi TMMD di Pasaman. (ist).

Pasaman, Analisakini.id-Gubernur Sumbar Mahyeldi membuka secara resmi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 Tahun 2022 Kabupaten Pasaman, Rabu (11/5/2022). TMMD selama satu bulan ini akan membuka jalan baru 7,4 kilometer yang menghubungkan Bonjol-Suliki.

Acara pembukaan TMMD yang berlangsung di Lubuk Sikaping ini dihadiri Kasrem 032 Wirabraja Kolonel Josep Sidabutar, Bupati Pasaman Benny Utama, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar Amasrul, SH., Dandim 0305 Pasaman selaku Dansatgas TMMD ke-113 Letkol Hery Bakti, Sekda Pasaman Maraondak, ninik mamak dan tokoh masyarakat Pasaman.

Menurut Mahyeldi, adanya TMMD sangat membantu Pemerintah Daerah dalam mewujudkan infrastruktur, terutama jalan. sasaran pokok untuk membuka akses daerah, sehingga memberikan dampak ekonomi dan kesejahteraan.

Program pembangunan akan mempercepat pengentasan kemiskinan. Ini mirip dengan visi Pemprov Sumbar yaitu terwujudnya Sumbar madani yang unggul dan berkelanjutan. Misinya adalah pembangunan infrastruktur yang berkeadilan dan berkelanjutan.

"Kami atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan terima kasih kepada Pak Danrem 032 Wirabraja dan seluruh prajurit TNI yang terlibat dalam TMMD ke-113 ini, dan tinggal bersama masyarakat. Kolaborasi TNI dengan Pemda dan masyarakat ini merupakan wujud nyata dari pelaksanaan TMMD setiap tahunnya. tetap menghidupkan semangat gotong royong di masyarakat," kata Gubernur Sumbar Mahyeldi.

Dansatgas TMMD ke-113 Pasaman Letkol Hery Bakti melaporkan sasaran pokok fisik adalah pembukaan dan pembangunan ruas jalan Bonjol-Suliki, yang membuka akses dua daerah yaitu Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Limapuluh Kota. Sasaran ini sudah mulai dikerjakan sejak Pra TMMD ke-113 tanggal 26 Maret lalu.

Sasaran non-fisik adalah prajurit TNI terfokus dengan Pemda Pasaman dan Pemprov Sumbar melakukan pembinaan mental dan wawasan kebangsaan masyarakat, mencegah paham radikal, sosialisasi hukum dan pelatihan, pelaksanaan program Covid-19, penyuluhan kesehatan dan bantuan bibit tanaman.

Usai pembukaan, Gubernur Sumbar Mahyeldi didampingi Kadis PMD Sumbar Amasrul bersama rombongan meninjau lokasi sasaran fisik TMMD. Gubernur juga meninjau Pos Komando TMMD yang merupakan Kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) Ganggo Hilia.

Menurut Kadis PMD Amasrul, untuk mendukung pelaksanaan TMMD ke-113 tahun 2022 ini, Pemprov Sumbar mengoordinasikan OPD dengan berbagai programnya, juga lembaga lain seperti Bank Nagari, PT Semen Padang, Perum Pegadaian dan Baznas Sumbar. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved