arrow_upward

Saat Emak-Emak Curhat di Pengungsian, Ini Respon Wagub Audy Joinaldy

Selasa, 05 April 2022 : 21.42

 

Wagub Audy Joinaldy bersama Wabup Pasbar Risnawanto dan emak-emak di pengungsian. (ist).

Pasbar, Analisakini.id- Kedatangan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Audy Joinaldy di tempat pengungsian bencana gempa 6,1 SR. Kecamatan Talamau, Nagari Kajai, Timbo Abu Ateh, Pasaman Barat, Selasa (5/4/2022) siang, langsung diserbu ratusan emak-emak.

Tanpa ragu-ragu warga pengungsian Timbo Abu Ateh dan Timbo Abu Kajai langsung curhat pada Wagub Audy Joinaldy penuh haru dan tangisan sedih dari emak-emak.

Melihat keadaan tersebut Wagub Sumbar berharap agar Pemkab Pasaman Barat bisa memberikan fasilitas dan sarana yang memadai bagi para korban gempa (25/2) yang mengakibatkan ratusan bangunan rusak.

"Kita berharap para pengungsi bisa mendapatkan bantuan Hunian sementara (Huntara) sebelum Lebaran Idul Fitri. Kalau bisa minimal ukuran 4x6," kata Audy.

Tidak hanya itu wagub juga meminta kepada pemerintah Kabupaten Pasaman Barat agar dapat menyediakan tempat untuk pembangunan Huntara itu.

"Untuk masalah biaya kita pemerintah provinsi akan menyediakan atau mencari dana untuk itu," ungkapnya.

Hal demikian ditegaskan, bertujuan untuk bagi yang tinggal di tenda, dengan harapan sebelum hari raya masyarakat yang di tenda sudah tinggal di Huntara.

Selain itu, kepedulian Wagub  tidak diragukan lagi, ia juga menyerahkan bantuan kepada warga pengungsian berupa mintak goreng sebanyak 50 dus, minuman sehat dari Cimory sebanyak 250 kotak, dan ratusan mainan untuk anak-anak yang berada di pengungsi.

"Kita juga menyerahkan bantuan dari Ikatan Keluarga Minang (IKM) Papua sebanyak Rp 27.400.00,- mudah-mudahan bermanfaat bagi keluarga di sini," ucapnya.

Bantuan IKM juga bisa digunakan untuk membangun Huntara (Hunian Sementara) ukuran 4x6 bagi terdampak gempa.

"Saya sengaja datang ke sini, ingin melihat langsung saudara-saudara yang ada di sini. Sedih kalau kita mendengarkannya, saya berharap dengan ketabahan dalam bulan suci Ramadhan ini saudara-saudara dilipatkan pahalanya oleh Allah SWT," ucap Audy dengan perasaan berduka.

Menanggapi kekhawatiran warga mengenai hunian sementara bantuan dari Pemprov Sumbar, Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto memyambut baik rencana tersebut.

"Kita segera bergerak mencari lokasi yang terbaik bagi para pengungsi korban gempa, mudah-mudahan warga pengungsian sebelum lebaran bisa pindah di huntara," jelas Wabup Risnawanto.

Risnawanto menjelaskan situasi sekarang terkendali, jembatan yang putus sudah diperbaiki, posko bantuan dan dapur umum menyediakan bantuan, makanan, obat-obatan, tempat tidur, untuk kebutuhan warga disini sudah terpenuhi.

"Alhamdulillah, sesuai permintaan warga terpenuhi," ujanya.

Sementara itu Walinagari Persiapan Simpang Timbo Abu Kajai, Mulyadi menyampaikan terima kasih atas kunjungan rombongan Wagub Sumbar yang telah peduli dengan warga Kajai.

"Kepedulian Wagub terhadap kami sangatlah berarti. Mudah-mudahan bantuan ini membawa berkah bagi kita semua," pintanya.

Turut hadir mendampingi Wakil Gubernur kepala BPBD Sumbar, Kepala Dinas Sosial Sumbar, Kepala Bapenda Sumbar, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar beserta rombongan lainnya. (nov)



Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved