arrow_upward

Rakor TMMD ke-113 di Himpun Bantuan dan Program dari OPD Pemprov Sumbar

Rabu, 30 Maret 2022 : 23.03
Rakor TMMD ke-113 dipimpin Kepala DPMD Sumbar Amasrul.(ist).

Padang, Analisakini.id-Dalam rangka persiapan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 tahun 2022 di wilayah Sumbar, dilakukan Rapat Kordinasi antara Korem 032 Wirabraja, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Bupati Pasaman Benny Utama, Bupati Dharmasraya diwakili Asisten 1, OPD, BUMN, BUMD dan Baznas, di Aula Kantor Gubernur, Jalan Sudirman Padang, Selasa (29/3/2022).

Danrem 032/WBR diwakili oleh Kasiops Kasrem Kolonel Inf Bobbie Triyantho menjelaskan bahwa program TMMD ke-113 tahun 2022 dilaksanakan di  Wilayah Kodim 0305/Pasaman dan Kodim 0310/Sijunjung Dharmasraya selama 30 hari, mulai tanggal 11 Mei sampai dengan 9 Juni 2022, dengan melibatkan 300  personel prajurit.

Kasi Ops Kasrem 032/WBR juga menjelaskan bahwa sebelum hari pelaksanaan TMMD akan dimulai dengan Pra TMMD untuk pekerjaan fisik dengan harapan pada pelaksanaan nantinya sasaran fisik dapat mencapai target dalam waktu yang telah ditetapkan.

Sasaran pokok di Pasaman adalah pembukaan ruas jalan baru Bonjol-Suliki sepanjang 7,4 kilometer. Sedangkan sasaran pokok di Dharmasraya adalah pembuatan jalan di Nagari Koto Besar menuju Bonjol sepanjang 10 kilometer.

Kadis PMD Provinsi Sumatera Barat Amasrul, SH yang memimpin Rapat Kordinasi TMMD ini mengatakan,  program TMMD merupakan hal yang sangat strategis dalam membuka keterisolasian melalui pembangunan infrastruktur. Tujuan akhirnya adalah meningkatkan ekonomi nagari dan kesejahteraan masyarakat. Karena itu sangat dibutuhkan peran aktif masyarakat dan berbagai pihak untuk mensukseskan TMMD ke-113 tahun 2022 ini. 

“Kami berharap untuk seluruh komponen Pemerintahan Provinsi dan Kabupaten agar berperan aktif untuk mendukung kegiatan TMMD ke-113 ini di wilayahnya masing-masing,” ucap Amasrul, SH.

Pemprov Sumbar, kata Amasrul, akan selalu melakukan support terhadap TMMD melalui program di Dinas PMD Sumbar dan dukungan dari OPD yang sinergis dengan kegiatan selama TMMD berlangsung. Rakor TMMD dimaksudkan untuk menghimpun dukungan stakeholder yang ada.

Dari Rakor TMMD ini tercatat bantuan semen dari PT Semen Padang dan dari Kementerian Perindustrian, bantuan bibit ikan dari Dinas Kelautan dan Perikanan, vaksinasi dan inseminasi ternak dari Dinas Peternakan, bibit buah-buahan dan tanaman komoditi ekspor dari Dinas Perkebunan dan Dinas Kehutanan, bantuan semen dari Baznas dan OPD, serta berbagai program OPD yang diselenggarakan di lokasi TMMD ke-113.

Menurut Kabid SDA dan TTG Dinas PMD Sumbar Vera Irawati, ST.MM., bantuan dari Pemprov Sumbar melalui Dinas PMD nantinya juga akan disalurkan dalam bentuk peralatan dan dana, sekaligus pendampingan pelaksanaan kegiatan di lapangan selama TMMD berlangsung. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved