arrow_upward

Pengamat: Gus Yaqut Sangat Pas Capres 2024

Jumat, 04 Maret 2022 : 22.19
Gus Yaqut.

Jakarta, Analisakini.id- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut sampai sekarang masih disorot publik. Dan yang paling hangat termasuk di Sumatera Barat.

Hingga detik ini, Gus Yaqut tidak mau meminta maaf atas tuduhan penistaan azan.

Kementerian Agama menegaskan Gus Yaqut tak pernah membandingkan suara azan dengan gonggongan anjing.

Namun, sebagian kelompok lainnya menilai Gus Yaqut telah menistakan agama. Salah satunya dari kelompok 212.

Dikaitkan dengan politik identitas di Indonesia yang belakangan ini memang sangat kuat, justru sosok Gus Yaqut diperhitungkan.

"Sosok Gus Yaqut sangat pas menjadi calon presiden (capres) di Pilpres 2024 mendatang. Menurut saya, dia bukan hanya potensial. Dia sangat pas dan presiden yang tepat untuk periode 2024-2029," ujar pengamat komunikasi politik Emrus Sihombing seperti dikutip dari Fin.co.id, Jumat (4/3/2022).

Untuk memimpin Indonesia ke depan, dibutuhkan tokoh muda yang pluralis, cinta Tanah Air, Pancasilais serta taat pada konstitusi.

"Kriteria itu ada pada sosok Gus Yaqut. Bangsa ini perlu dipimpin oleh sosok yang berperilaku dan bertindak secara pluralis, cinta Indonesia, cinta Pancasila dan konstitusi. Saya melihat itu ada pada diri Gus Yaqut," papar Emrus.

Selain itu, Gus Yaqut adalah tokoh muda. Dia memimpin organisasi GP Ansor dan Panglima Banser. Kontribusinya sangat dibutuhkan pada 2024 mendatang. "Sudah saatnya muncul tokoh-tokoh muda seperti itu," lanjutnya.

Sikap pluralis Gus Yaqut bisa dilihat dari gaya kepemimpinannya selama menjabat sebagai Menteri Agama.(***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved