arrow_upward

Ketum dan Organisasi ‘Diserang’, Gus Yaqut Pimpin Apel Siaga Ribuan Banser, Ini Pesannya

Sabtu, 05 Maret 2022 : 15.50
Gus Yaqut Pimpin apel besar GP Ansor. (ist).

Banten, Analisakini.id-Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor Yaqut Cholil Qoumas memimpin apel siaga ribuan Barisan Serbaguna (Banser) di Banten. Dalam pidatonya pria yang akrab disapa Gus Yaqut itu menyampaikan agar para anggota Banser bisa menjaga semua hal, terlebih diri sendiri, dan pondok pesantren.

“Kita harus jaga semua, jaga diri kita, jaga pondok pesantren dan seluruh santri santrinya,” kata seperti dikutip dari Hops.ID yang diambil dari kanal Youtube Ansor Banten pada Sabtu, 5 Maret 2022.

Gus Yaqut minta para Banser untuk tak kenal kata menyerah

Gus Yaqut yang juga menjabat Menteri Agama RI itu juga mengimbau agar para anggota Banser tak menyerah meski banyak rintangan yang yang menghadang. “Jangan pernah menyerah atas tantangan-tantangan, atas halangan-halangan yang kita hadapi. Memang tidak mudah, tapi saya yakin sahabat-sahabat ini pasti istiqomah, tegak lurus untuk Indonesia, jangan pernah lelah mencintai Indonesia,” tegasnya.

Sementara itu, Satkornas Banser Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, Hasan .B menyatakan jika dirinya dan anggotanya siap untuk membela Gus Yaqut. 

“Di hari ini kita akan menyatakan sikap bahwa Gus Yaqut tidak bersalah siapa saja yang memfitnah, siapa saja yang mem-bully beliau, kita siap untuk membela, siap semua? Siap semua?,” kata Hasan B disambut teriakan dari para anggotanya, “Siap!”.

Sementara itu, ribuan anggota Banser Kabupaten Kendal juga melakukan apel pasukan 2022, di Stadion Utama Kebondalem Kendal, pada Jumat 4 Maret 2022.

Komandan Satkorcab Banser Alex Nur Abyadi Apel mengatakan gelar pasukan dilakukan seiring dengan semakin banyaknya suara-suara sumbang yang memelintir pernyataan Gus Yaqut terkait aturan pengeras suara masjid dan mushola.

Terkait jumlah peserta apel, kata dia, hanya setengahnya saja yang ikut serta. Hal itu agar prokes bisa tetap terjaga. "Yang mengikuti gelar apel ini 2022 pasukan dari jumlah total sekitar lima ribu Banser yang ada di Kabupaten Kendal. Hanya separuhnya saja," kata Alex.

Siap melawan pihak yang melecehkan marwah organisasi.

Ketua GP Ansor Kendal, Misbahul Munir mengatakan kini banyak pihak yang sengaja membuat seakan-akan pernyataan Gus Yaqut tentang aturan suara azan bermasalah. Terutama dalam kaitan dugaan perbandingan suara toa masjid dengan gonggongan anjing.

"Mereka tahu  Gus Yaqut adalah Ketua Umum kami. Kami tidak terima jika marwah organisasi kami dilecehkan dan Ansor, Banser siap menjadi garda terdepan untuk melawannya," kata Misbahul Munir.

Mereka menyatakan akan selalu siap untuk terus membela Gus Yaqut baik melalui media sosial maupun di dunia nyata. "Ansor dan Banser siap berjuang melalui transformasi media sosial dan dimanapun itu," tegasnya.(***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved