arrow_upward

Ini Sosok Prof Zainun Kamal, Penghulu Pernikahan Beda Agama Stafsus Jokowi, Urang Awak Rupanya

Sabtu, 19 Maret 2022 : 21.44
Prof. Dr. Zainun Kamal

Jakarta, Analisakini.id- Pernikahan Staf Khusus Jokowi Ayu Kartika Dewi dengan Gerald Bastian menjadi sorotan publik. Soalnya, keduanya menikah secara Islam dan secara Katolik di Gereja Katedral, Jakarta.

Pernikahan secara Islam dipimpin penghulu dari UIN Syarif Hidayatullah, Prof Dr Zainun Kamal. Sementara pemberkatan di Gereja Katedral dipimpin oleh Kardinal Romo Ignatius Suharyo.

Pernikahan beda agama yang dilakukan Ayu Kartika Dewi dan Gerald Bastian menjadi perdebatan, khususnya di kalangan Umat Islam.

Soalnya dalam Islam pernikahan beda agama jelas dilarang dan hukumnya haram. Salah satu syarat menikah secara Islam adalah, keduanya harus beragama Islam. Jika tidak, pernikahan itu dianggap tidak sah.


Lalu siapa sebenarnya Prof Zainun Kamal?


Berdasarkan penelusuran seperti dikutip dari tribuntimur.com, Prof Zainun Kamal merupakan Guru Besar UIIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. Oleh sebagian orang, Zainun Kamal dikenal sebagai akademisi berhaluan liberal.

Ia merupakan dosen di Fakultas Ushuluddin, Jurusan Aqidah dan Filsafat Islam, program studi Magister Aqidah dan Filsafat Islam.

Masa kecilnya dihabiskan di Sumatera Barat. Ia tercatat pernah mengenyam pendidikan dasar di SR, kemudian lanjut di MTs Thawalib Tanjung Limau, kemudian lanjut di MAAIN Padang Panjang.

Zainun Kamal kemudian melanjutkan pendidikan tingginya di Mesir, tepatnya di Universitas Al Azhar, Kairo dan terakhir meraih gelar S3 di IAIN Jakarta.

Nama Zainun Kamal menjadi populer khususnya di kalangan pasangan beda agama yang ingin menikah.

Tercatat, Zainun Kamal menikahkan beberapa pesohor beda agama yang ingin menikah.

Zainun Kamal tercatat pernah menikahkan mentalis Deddy Corbuzier yang waktu itu bergama Katolik, dengan Kalina Octaranny yang beragama Islam.

Akad nikah dilaksanakan Kamis 24 Februari 2005 yang dibimbing Zainun Kamal, dosen UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Mereka menikah secara Islam. Deddy memberikan seperangkat alat salat kepada Kalina sebagai mas kawin.

Sebelumnya, Zainun Kamal juga membimbing pernikahan Muslimah dengan lelaki Nasrani, Minggu 28 November 2004.

Zainun Kamal membimbing pernikahan wanita Muslimah, Suri Anggreni alias Fithri, dengan lelaki Kristen, Alfin Siagian, di Hotel Kristal Pondok Indah Jakarta Selatan.

Lalu pengantin beda agama ini diberkati pendeta Nasrani di dalam upacara akad nikah secara Islam itu. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved