arrow_upward

Hitungan Sementara, Pembangunan IKN Butuh Rp466 Triliun, 20% Bersumber dari APBN

Selasa, 15 Maret 2022 : 14.29
Joko Widodo.

Jakarta, Analisakini.id-Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur membutuhkan biaya lebih dari Rp460 triliun. Menurutnya, salah satu dana tersebut berasal dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

"Hitungan sementara Rp466 triliun itu kurang lebih 19-20 persen berasal dari APBN," kata Jokowi dalam saluran YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (15/3/2022).

Selain lewat APBN, kata Jokowi, pemerintah akan memanfaatkan dana public private partnership (PPP) dan kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU). Tidak menutup kemungkinan bersumber dari sektor swasta dan BUMN.

"Sisanya dari PPP, berasal dari KPBU, berasal dari murni investasi sektor swasta, bisa juga BUMN, bisa juga obligasi publik, semua bisa dilakukan," ungkapnya seperti dikutip dari merdeka.com.

Jokowi berharap kerja otorita IKN saat ini dilakukan dengan fleksibel dan cepat. Tak kalah penting bisa mendapatkan pendanaan dengan skema-skema yang ada.

"Saya kira kita ingin otorita ini fleksibel dan lincah dan bisa mendapatkan skema-skema pendanaan dari berbagai skema yang ada," pungkasnya. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved