arrow_upward

Guspardi Gaus Seharian Kunjungi Korban Gempa untuk Berikan 1.000 Paket Sembako

Selasa, 01 Maret 2022 : 14.11

 

Guspardi Gaus kunjungi korban gempa Pasbar sekaligus berikan bantuan.

Pasbar, Analisakini.id-Anggota DPR dari Fraksi Guspardi Gaus bersama Tim Peduli GG dan relawan, sejak pagi sampai menjelang senja melakukan kunjungan dan membagikan 1.000 paket sembako kepada warga yang terdampak pasca bencana gempa yang melanda Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat pada Jumat lalu. 

Kegiatan ini diawali dengan berkunjung ke rumah dinas Bupati yang disambut Wakil Bupati Pasaman Barat, H. Risnawanto, SE. Setelah menyerahkan bantuan secara simbolis dan diterima wakil Bupati dan sejumlah tokoh lainnya langsung melaporkan kepada petugas pendataan bantuan bencana yang berada di Balairung Rumdis Bupati. Setelah itu mengunjungi dan   dialog dengan warga  yang mengungsi di halaman rumah dinas bupati serta memberikan bantuan sejumlah uang kepada warga pengungsian.

Berikutnya, rombongan "Tim GG peduli" yang langsung dipimpin Guspardi Gaus didampingi sekretaris PAN Pasbar dan disertai oleh kader dari Perempuan Amanat Nasional (PUAN)  Pasbar beserta relawan, langsung menuju beberapa titik lokasi. Mulai dari posko bantuan tanggap darurat Bencana Muhammadiyah di Simpang Empat Pasaman Barat. Kemudian bertemu langsung warga masyarakat korban musibah gempa di jorong Tapalan, Sukamenanti, Lambah Gunuang, Pasar Baru, Pasar Mudiak, Posko Aisyah Talamau, Kampung Padang dan beberapa titik di Nagari Kajai Kecamatan Talamau. 

Dan terakir juga mengunjungi posko bantuan gempa yang di dirikan oleh masyarakat Kabupaten Agam di simpang Padang Koto Gadang, Nagari Salareh Aia yang berbatasan dengan Pasaman Barat.

"Saat akan menurunkan paket bantuan, kembali tejadi gempa susulan yang kabarnya berkekuatan 4,5 SR dan orang-orang yang berada di sekitar posko juga merasakan getaran gempa susulan itu," jelas politisi PAN ini.

Legislatotor asal Sumatera Barat itu menambahkan pihaknya turun langsung ke beberapa lokasi terdampak gempa ini dimaksudkan untuk mengetahui dan memantau secara langsung sekaligus berdialog dengan para korban. Agar memahami apa yang terjadi dan apa yang dibutuhkan oleh warga di lokasi kejadian gempa tersebut. Hasil pemantauan  di sepanjang jalan menuju Nagari Kajai Kecamatan Talamau memang terlihat banyak rumah warga yang rusak mulai dari kondisi rusak ringan, sedang dan berat. 

"Dan di jorong kampung Padang, Nagari Kajai juga kita dapati ada sebuah mushalla dan rumah tahfid yang roboh dengan kondisi rusak berat, begitupun beberapa rumah masyarakat juga ada yang roboh dan rusak parah,"sebut Guspardi Gaus.

Dalam setiap kunjungan dan dialog yang dilakukan mayoritas masyarakat mengadukan kondisi rumah mereka mulai dari rusak ringan sampai rusak berat agar dapat dibantu dan diperbaiki. 

"Pesan saya kepada warga masyarakat untuk segera melengkapi informasi dan data yang memuat keterangan pemilik rumah dan legalitas diri seperti KTP dan KK, deskripsi kondisi kerusakan yang dialami serta menyertakan foto keadaan rumah pasca gempa. Kemudian masyarakat dapat melaporkan kepada Kepala Jorong setempat. Masyarakat juga bisa menyampaikan secara langsung ke Posko Tanggap Darurat Bencana yang betempat di rumah dinas Bupati Pasaman Barat," jelas anggota komisi II DPR RI ini.

Untuk pembangunan kembali rumah masyarakat dan berbagai fasos dan fasum yang rusak akibat musibah gempa ini, Guspardi Gaus berharap kepada Pemerintah Pusat melalui Kementrian PUPR dapat segera menurunkan Tim guna melakukan rehab rekon rumah-rumah masyarakat yang rusak ringan dan sedang. Sedangkan untuk rumah masyarakat dan fasilitas Sosial (Fasos) serta fasilitas umum (Fasum) dengan kondisi rusak berat diharapkan akan dapat segera dibangun kembali.

"Saya juga mengajak semua pihak termasuk kelompok dan komunitas untuk bersama-sama menangani pemulihan pasca gempa. Sekaligus mengimbau untuk berkolaborasi memberikan bantuan kepada korban terdampak gempa di sejumlah Jorong dan Nagari yang belum tersentuh bantuan. Saat situasi seperti ini perlu kiranya semua elemen berkolaborasi dalam rangka membantu korban musibah gempa yang melanda saudara- saudara kita," tutur Guspardi yang akrab disapa Pak GG ini. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved