arrow_upward

Guspardi Gaus Dianugerahi Tokoh Legislator Tangguh Minang di Kancah Nasional

Senin, 21 Maret 2022 : 17.15

 

Drs. H. Guspardi Gaus, M.Si.

Padang, Analisakini.id-Anggota DPR dari Fraksi PAN Guspardi Gaus bersyukur dan apresiasi atas anugerah yang diberikan Padang TV sebagai "Legislator Tangguh Minang di Kancah Nasional".  

"Alhamdulillah saya tidak mengira dinobatkan sebagai penerima Anugrah Padang TV Award dan tentunya saya bersyukur dan mengucapkan terima kasih atas penghargaan ini," katanya kemarin di Padang.

Dalam aktivitas menjalani tugas yang diberikan amanah oleh masyarakat sejak dari anggota DPRD Sumbar sampai saat ini sebagai anggota DPR, dirinya mengaku selalu berupaya melaksanakan tugas sesuai tupoksi.

"Saya menanamkan dalam diri tentang kedisiplinan dan bagi saya rapat- rapat itu adalah hobi," ujar politisi PAN ini. 

Anggota Komisi II DPR itu mengutarakan saat ini tengah merampungkan 4 buah buku. 2 buku berisi catatan kritis, masukan dan saran dalam berbagai berita yang dimuat oleh berbagai media selama menjadi anggota DPR. Sementara 2 buku lainnya merupakan kumpulan talk show bersama radio Elshinta Jakarta dengan berbagai topik hangat tentang permasalahan yang dihadapi oleh bangsa dan negara.

Keempat buah buku yang akan segera naik cetak tersebut dimaksudkan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada publik. Sehingga masyarakat bisa menilai dan mendapatkan informasi mengenai sikap pandangan pendapat kritikan dan saran yang diberikan terkait isu nasional yang sedang berkembang pada ketika itu. 

Ini adalah juga bentuk laporan yang disampaikan kepada masyarakat sebagai yang diberi amanah menjadi anggota DPR di Senayan.

Dia memohon doa dan dukungan dari masyarakat Minang, baik yang ada di ranah maupun di rantau. "Semoga saya selalu diberkahi dan diberi kekuatan oleh Allah SWT,  agar senantiasa konsisten memperjuangkan kepentingan masyarakat dalam menjalankan tugas dan selalu bermanfaat untuk orang lain," katanya.

Selanjutnya, Guspardi mengucapkan selamat ulang tahun yang ke 15 kepada Padang TV.  Sebagai TV swasta terbesar di Sumbar yang tergabung dalam group Jawa Pos Group, Padang TV telah bermigrasi dari TV analog menjadi TV digital. 

"Semoga semakin mendapatkan tempat di hati pemirsa. Dengan perkembangan teknologi dan media sosial, Padang TV juga hadir di sana. Sehingga TV kebanggan urang awak ini tidak luput dari pantauan dari perantau Minang yang tersebar di seluruh belahan dunia," harap Guspardi.

Perjalanan Karier 

Guspardi Gaus dikenal sebagai pengusaha ritel dan polititikus dari Partai Amanat Nasional (PAN). Menjabat sebagai anggota DPR 2019 - 2024 sejak 1 Oktober 2021. Politikus kelahiran Bukittinggi  8 Juni 1956 ini duduk sebagai anggota Komisi II DPR dari Dapil Sumbar 2, meliputi 8 kabupaten/kota di Sumbar.

Setelah lulus dari IAIN (sekarang UIN) Syarif Hidatullah Jakarta meraih gelar Sarjana Muda 1979 dan sarjana lengkap (Drs) 1982, Guspardi meretas jalan sebagai  wirausaha dan  akademisi atau dosen sebelum memilih jalan politik untuk kehidupannya sampai saat ini.

Guspardi merupakan teman  satu angkatan dengan mantan ketua PP Muhammadiyah Prof. Din Syamsuddin dan Guru besar UIN Syarif Hidatullah Jakarta Prof. Azyumardi Azra. Dirinya terus istiqomah menjalani karir di bidang politik. 

Dalam organisasi partai pernah menjadi fungsionaris PPP, kemudian memutuskan menjadi kader PAN. Dan baru-baru ini Guspardi juga di beri amanah sebagai Ketua Majelis Pemberdayaan Pesantren dan Mesjid ICMI Pusat priode 2021- 2926.

Sebelumnya menduduki jabatan legislatif di tingkat pusat, tercatat Guspardi Gaus 3 (tiga) priode menjadi anggota DPRD Sumbar  yaitu priode 1999-2004, 2004-2009 dan menjabat sebagai wakil ketua DPRD Sumbar priode 2014- 2019. 

Dibalik kesuksesannya sebagai politisi tidaklah diraih Guspardi dengan mudah. Banyak hambatan dan rintangan dalam perjalanan karirnya. Pernah bertarung menjadi calon Walikota Bukittinggi 2000 dan Bupati Agam 2010. Namun 'ratak tangan' dan takdir belum menghantarkannya menjadi eksekutif. Itu tidak membuat Guspardi patah semangat dan  sampai sekarang sudah lebih 22 tahun konsisten menjalani profesi sebagai politisi.

Di parlemen Senayan, Guspardi dikenal aktif dan lantang bersuara dan sering tampil di TV lokal dan Nasional. PAN mempercayai Guspardi Gaus untuk duduk di Komisi II DPR yang membidangi pemerintahan Dalam Negeri dan Otonomin Daerah, Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kepemiluan, KSP, Sekretaris Kabinet dan Sekreratis Negara, serta Pertanahan dan Reforma Agraria. 

Kemudian partainya juga memberi amanah sebagai anggota Badan Legislasi (Baleg), yang bertugas menggodok setiap Undang-Undang di DPR. Hadir dalam setiap rapat komisi dan baleg sudah menjadi tekad Guspardi. Karena hadir dalam setiap rapat-rapat tersebut menurutnya bukan sekedar tugas, tetapi sudah menjadi hobi bagi Guspardi.

Kritikan, masukan dan usulannya serta berbagai aktivitasnya dalam menjalankan tugas kedewanan banyak diliput oleh media cetak dan media online. 

Kiprahnya yang lantang bersuara memperjuangkan kepentingan masyarakat Sumbar di parlemen menjadi pertimbangan Padang TV menobatkan Guspardi Gaus sebagai tokoh " Legislator Tangguh Minang di Kancah Nasional". (***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved