arrow_upward

Guspardi Gaus Apresiasi Gubernur Sumbar dalam Penanganan Pasca Gempa, Ini Alasannya

Rabu, 02 Maret 2022 : 08.42
Gubernur Sumbar Mahyeldi rapat koordinasi penanganan pascagempa dan dihadiri juga oleh Anggota DPR Guspardi Gaus. (***)

Pasbar, Analisakini.id-Anggota Komisi II DPR  Guspardi Gaus, mengapresiasi Gubernur Sumbar yang cepat tanggap dalam menangani musibah yang menimpa masyarakat Pasaman dan Pasaman Barat.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Gubernur yang telah melakukan konsolidasi dalam rangka menyikapi apa yang harus dilakukan terhadap masyarakat yang terkena dampak gempa yang luar biasa ini," kata Guspardi dalam rapat Koordinasi (Rakor) dengan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Senin (28/2/2022).

Rapat koordinasi dengan berbagai OPD provinsi dan pemerintah kabupaten yang tergabung ke dalam Tim penanggulangan bencana pasca gempa mempunyai peran yang sangat penting.

"Banyak hal yang harus di koordinasikan  seperti masalah infrastruktur, dapur umum, suplai makanan, kebutuhan pokok bagi masyarakat terdampak gempa di Pasaman dan Pasaman Barat serta membahas upaya memitigasinya," ujar politisi PAN ini.

Legislator asal Sumatera Barat berpesan agar tim penanggulan bencana pasca gempa betul-betul akurat dalam mengkompilasi data masyarakat yang terdampak musibah gempa ini. Mesti disiapkan data lengkap tentang jumlah rumah warga yang rusak mulai dari rusak ringan, rusak sedang dan rusak berat. Data tersebut bukan saja lengkap tetapi harus akurat dan valid sesuai dengan kondusi riil di lapangan. Termasuk juga  data lengkap dan akurat mengenai fasilitas sosial (Fasos) dan Fasilitas Umum ( Fasum) yang perlu mendapatkan perhatian khusus.

Oleh karena itu, diharapkan  Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat mengejawantahkan apa yang telah diinstruksikan oleh Gubernur dalam rakor ini. "Mesti satu visi dan seayun selangkah serta ciptakan sigertisas yang saling mendukung antar berbagai stake holder dalam upaya penanggulangan bencana pasca gempa ini agar dapat ditangani dengan cepat dan tepat," pungkas anggota Baleg DPR RI tersebut.

Sementara itu dalam rakor yang dipimpin langsung Gubenur Sumbar Mahyeldi, diisi dengan pemaparan pemetaan masalah-masalah dari berbagai OPD Provinsi yang tergabung kedalam Tim penanggulangan bencana pasca gempa. 

"Saya minta semua data-data tentang masalah-masalah yang terjadi harus detail dan terpetakan dengan jelas agar jelas pula penanganannya. Selanjutnya bantuan yang diterima serta distribusinya juga harus jelas," tegas  Mahyeldi.

Di akhir rapat, Mahyeldi menginstruksikan agar segera dibuatkan SK Tim Panitia penanggulangan bencana, sehingga jelas pemetaan data semua warga yang terkena dampak gempa, baik berat, sedang maupun ringan, baik di Pasaman maupun Pasaman Barat. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved