arrow_upward

Didampingi Ustad Kondang Derry Sulaiman, Walikota Padang Hendri Septa Serahkan Bantuan Korban Gempa Pasaman

Kamis, 03 Maret 2022 : 20.45
Walikota Padang Hendri Septa serahkan bantuan gempa yang diterima oleh Bupati Pasaman Benny Utama. (humas).

Padang, Analisakini.id-Sebagai sesama daerah di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Kota Padang ikut merasakan kedukaan dan melihatkan kepeduliannya bagi masyarakat korban bencana gempa bumi di Pasaman Barat dan Pasaman yang terjadi pada 25 Februari 2022.

Atas nama Pemerintah Kota (Pemko) dan mewakili warga Kota Padang, kali ini Walikota Padang Hendri Septa menyerahkan bantuan untuk korban gempa di Kabupaten Pasaman yang diterima Bupati Pasaman Benny Utama di Kantor Camat Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman, Kamis (3/3/2022).

Adapun bantuan yang diserahkan di antaranya adalah 2 ton beras plus uang tunai Rp10 juta dari Baznas Kota Padang serta peralatan tidur oleh Kelompok Siaga Bencana (KSB) Kota Padang dan lainnya.

Walikota Padang Hendri Septa dan ustad kondang Derry Sulaiman bersama warga di tenda pengungsian. (humas).

Selain menyerahkan bantuan Wako Hendri Septa juga meninjau ke tenda-tenda pengungsian dan dapur umum yang didirikan oleh Pemerintah Kota Padang. Juga hadir mendampingi dirinya di antaranya Pj. Sekda Fitriati beserta para Asisten dan sejumlah pimpinan OPD terkait serta para relawan. Selain itu ikut terlibat dalam rombongan ustaz kondang Derry Sulaiman bersama rombongan.

"Alhamdulillah, bantuan yang kita salurkan ini adalah dari donasi dari masyarakat Kota Padang sebagai 'sitawa sidingin' bagi saudara-saudara kita korban gempa di Kabupaten Pasaman. Kita ikut berduka cita sedalam-dalamnya atas musibah yang menimpa Kabupatan Pasaman Barat dan Pasaman ini. Insya Allah, semoga musibah tersebut segera berlalu, kita bisa bangkit dan terhindar dari segala bencana ke depan," imbuh Wako Padang itu seraya mendoakan.

Hendri pun menyebut bantuan kali ini adalah bantuan lanjutan dari Kota Padang dimana sebelumnya pada 26 Februari 2022 lalu telah mengirimkan bantuan untuk korban gempa Pasaman Barat berupa beras 500 kg disertai sejumlah makanan instan, pakaian dan kasur termasuk tenda pengungsian. Personel BPBD Kota Padang dan para relawan pun juga telah dikerahkan untuk membantu evakuasi warga di sana. 

Walikota Padang Hendri Septa dan ustad kondang Derry Sulaiman bantu memasak di dapur umum pengungsian. (humas)

"Sementara pada Selasa lalu (1/3/2022), Baznas Padang juga telah menyalurkan bantuan bagi korban bencana gempa Pasaman Barat dan Pasaman senilai Rp45 juta," terangnya.

Lebih lanjut orang nomor satu di Kota Padang itu juga menyebut pihaknya telah mendirikan dua posko peduli bencana gempa Pasaman Barat dan Pasaman di Palanta kediaman resminya dan di Kantor Dinas Sosial Kota Padang. 

"Maka itu bagi masyarakat kita di Kota Padang yang ingin memberikan bantuan untuk korban gempa Pasaman Barat dan Pasaman silahkan salurkan bantuannya ke posko di Palanta atau ke Kantor Dinas Sosial Padang. Mari kita bersama-sama saling membantu terhadap dunsanak kita yang tertimpa musibah di sana," imbuh Walikota milenial itu.

Sementara itu, pada saat yang sama Bupati Pasaman Benny Utama berterimakasih atas kepedulian Pemko dan warga  Kota Padang bagi korban gempa Pasaman. Bantuan ini nantinya akan disalurkan untuk membantu warga yang terdampak bencana gempa.

"Terima kasih banyak kami ucapkan pada Bapak Walikota Padang Hendri Septa yang sudah datang langsung mengantarkan bantuan ke sini. Semoga kebersamaan ini dapat membantu memulihkan kondisi warga kami dengan cepat," tutur Bupati.

"Apa saja bantuan yang kita terima tentu sangat berarti bagi Kabupaten Pasaman khususnya. Apalagi penanganan dan pemulihan pasca bencana gempa ini butuh waktu yang panjang dan memerlukan biaya yang besar," sambungnya,

Walikota Padang Hendri Septa memberikan semangat dan motivasi kepada korban gempa di pengungsian. (humas).

Seperti diketahui, terkait gempa magnitudo dengan 6,1 skala richter yang mengguncang Kabupaten Pasaman Barat dan Pasaman, dari data terakhir tercatat bencana ini telah menelan 11 korban jiwa dan ratusan orang luka-luka.

Bencana ini juga menyebabkan 6.000 lebih warga mengungsi dari rumah, ratusan unit rumah warga rusak, baik rusak berat, sedang dan ringan. Infrastruktur pemerintah serta fasilitas umum lainnya seperti sekolah dan rumah ibadah juga mengalami kerusakan. (***)


Walikota Padang Hendri Septa didampingi ustad kondang Derry Sulaiman saat berkunjung ke lokasi bencana sekaligus berikan bantuan gempa yang diterima Bupati Pasaman Benny Utama. (humas).


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved