arrow_upward

Cendikiawan Minang Azyumardi Azra: Masyarakat Sipil Harus Dukung PDIP dan NasDem agar Konsisten

Rabu, 02 Maret 2022 : 22.51

 

Prof.Azyumardi Azra (kiri bawah) saat hadiri diskusi virtual Paramadina Democracy Forum/Repro

Jakarta, Analisakini.id-Sikap sejumlah partai politik yang menolak wacana penundaan Pemilu Serentak 2024, diharapkan  Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof.Azyumardi Azra, bisa didukung masyarakat sipil.

Harapan tersebut disampaikan Azyumardi dalam diskusi virtual Paramadina Democracy Forum bertajuk "Wacana Penundaan Pemilu: Membaca Motif Ekonomi-Politik dan Dampaknya pada Demokrasi di Indonesia, pada Rabu (2/3/2022).

Azyumardi menyebutkan dua nama parpol yang sejauh ini telah menyatakan sikap menolak adanya penundaan Pemilu Serentak 2024, yaitu PDI Perjuangan dan Partai NasDem.

"Masyarakat sipil harus merapat ke PDIP dan Nasdem, kasih semangat mereka," ujar Azyumardi seperti dikutip dari rmol.id.

Menurut mantan Rekor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini, selain PDIP ada PPP dan juga partai oposisi seperti PKS yang sejak awal muncul wacana perpanjangan masa jabatan presiden sudah menolak.

"Kita dorong supaya mereka konsisten, jangan sampai mereka plin plan," imbuh cendikiawan asal Sumatera Barat ini.

Lebih lanjut, Azyumardi menduga PDIP, NasDem, hingga parai lain yang menolak penundaan pemilu akan mendapat keuntungan jika tetap konsisten dengan sikapnya.

"Karena mereka punya kepentingan dengan tidak majunya presiden Jokowi. Entah itu puan Maharani. Begitupun Nasdyem, meski tidak punya kader yang akan maju (di Pemilu 2024), juga punya kepentingan," demikian Azyumardi.(***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved