arrow_upward

Puan Minta Pemerintah Segera Kirim Bantuan untuk Korban Gempa Pasbar dan Pasaman

Sabtu, 26 Februari 2022 : 09.36
Puan Maharani.

Jakarta, Analisakini.id-Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan keprihatinannya atas bencana gempa Pasaman Barat (Pasbar) dan Pasaman, Sumatera Barat. Ia pun meminta Pemerintah bergerak cepat untuk memberikan bantuan untuk korban.

“Duka yang mendalam saya haturkan kepada masyarakat yang terdampak gempa bumi Pasaman Barat dan Pasaman," kata Puan, Sabtu (26/2/2022) seperti dikutip dari liputan6.com.

Data BNPB hingga sore ini menyebut, terdapat 7 orang meninggal dunia dan 85 warga luka-luka akibat gempa. Sejumlah fasilitas pun ikut terdampak, termasuk kantor Bupati Pasaman Barat dan 1 unit sekolah rusak berat.

Puan mengingatkan agar korban luka-luka mendapat perawatan sebaik mungkin.

“Dan belasungkawa saya ucapkan untuk korban meninggal beserta keluarga, semoga para almarhum husnul khotimah,” tuturnya.

Puan berharap proses evakuasi korban gempa bumi dilakukan dengan seksama. Semua stakeholder diminta bekerja sama dengan baik di lapangan agar proses evakuasi berjalan lancar.

“Kerahkan tim SAR terdekat untuk mengevakuasi warga dan memastikan upaya-upaya penanganan darurat dapat dilakukan,” tegas Puan.

“Pastikan seluruh instansi siap siaga dan bisa bergerak cepat manakala ada gempa maupun bencana susulan,” sambungnya.


Minta Kebutuhan Korban Dicukupi


Mantan Menko PMK itu juga meminta agar setiap kebutuhan korban gempa disiapkan. Puan merinci, mulai dari kebutuhan dasar seperti logistik dan alas tidur, sampai kebutuhan protokol kesehatan bagi 5.000 warga yang mengungsi di 35 titik lokasi.

“Saya meminta kepada pemerintah agar segera mengirimkan bantuan dan hal-hal yang dibutuhkan terkait dampak gempa,” ucapnya.

Selain itu, warga Pasaman Barat dan sekitarnya diminta agar selalu waspada. Khususnya dengan munculnya fenomena pergerakan tanah atau lukuifaksi yang menyebabkan semburan lumpur usai gempa terjadi.

“Jauhi lokasi berbahaya, dan selalu waspada terhadap berbagai kemungkinan. Pastikan menjaga keamanan diri dan keluarga,” katanya.(***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved