arrow_upward

Prodi S1 Ilmu Biomedis Unand Roadshow ke SMA-SMA di Padang

Kamis, 17 Februari 2022 : 17.12

 

Saat tim dosen dan mahasiswa Prodi S1 Biomedis kunjungi SMA 3 Padang. (ist)

Padang, Analisakini.id-Program Studi (Prodi) S1 Ilmu Biomedis Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) roadshow kebeberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Padang.

Ketua Jurusan (Kajur) S1 Ilmu Biomedis Unand Dr. Desi Arisanty, MSc mengungkapkan Prodi S1 Biomedis merupakan Prodi terbaru di Fakultas Kedokteran dan merupakan satu-satunya program studi Biomedis di Indonesia yang berada di bawah Fakultas Kedokteran. 

“Program Studi S1 Biomedis berdiri tahun 2020 dan saat ini sudah mempunyai 2 angkatan mahasiswa (Angkatan 2020 dan 2021) dengan jumlah total 75 orang,,” ujarnya. 

Saat ini di Indonesia baru memiliki 3 Universitas Negeri yang menyelenggarakan pendidikan tingkat sarjana terkait bidang biomedis. Namun itu semua lebih ke teknik biomedis dan di Fakultas Kedokteran Unand yang baru pertama kali murni sains Biomedis.

“Maka perlu bagi kami untuk lebih memperkenalkan program studi S1 Biomedis dan menitik beratkan pada memotivasi calon mahasiswa dalam pemilihan jenjang karir mereka nanti,” terang Desi.

Disebutkannya ada lima sekolah yang dikunjungi mulai dari 7-11 Februari 2022 yakni ke SMAN 7, SMAN 4, SMAN 5, SMAN 3 dan SMAN 9.

“Sasaran sosialisasi program studi adalah murid IPA kelas XII di setiap SMA yang dilakukan dalam bentuk pengayaan pengetahuan tentang ilmu Biomedis dan diskusi interaktif,” ujar dia.

Disampaikannya nanti para lulusan Prodi ini dapat bekerja di berbagai laboratorium kesehatan, laboratorium riset, laboratorium industri,  laboratory supervisor, sebagai peneliti, akademisi, dosen bahkan bioenterpreneurship. 

“Dengan pesatnya perkembangan ilmu saat ini khususnya di bidang molekuler yang memang terkait erat dengan ilmu biomedis, maka peluang karir di masa depan terbuka lebar,” ujar Kajur.

Dilanjutkannya jika ingin melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, di Fakultas Kedokteran Unand sudah ada program pascasarjana yang linear yaitu S2 Biomedis dan S3 Biomedis. 

Senada dengan itu, Kepala SMAN 3 Ifna Sukmi, M.Pd menyambut dengan baik program ini dengan harapan dapat meningkatkan motivasi siswa kelas XII untuk memilih jurusan di universitas yang memang diminatinya. (***)



Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved