arrow_upward

Jhon Rizal Dilewakan sebagai Datuak Rangkayo Basa Suku Panai Lundang Alam Surambi Sungai Pagu, Tony Marta Johan Wakilnya

Senin, 21 Februari 2022 : 15.05
Jhon Rizal Dt. Rangkayo Basa bersama Tony Marta Johan. (ist).

Maralabuh, Analisakini.id-Jhon Rizal dilewakan sebagai Datuak Rangkayo Basa dari Suku Panai Lundang Alam Surambi Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan, Minggu (20/2/2022).

Bersamaan juga diangkat Tony Marta Johan, SPi.,MM, tokoh perantau di Jakarta sebagai Wakil Mutlak Rangkayo Basa.

Prosesi pengukuhan dan pengangkatan itu dilangsungkan di Rumah Gadang Lundang Pasir Talang Muara Labuh. 

Prosesi pemberian gelar pemimpin kaum ini ikut disaksikan sejumlah pemimpin kaum, anak kaum, anak kemenakan, tokoh adat, bundo kanduang, dan masyarakat sekitarnya.

Alek malewakan gala ini berlangsung begitu kental dengan nuansa adat budaya Minangkabau. Prosesi arak-arakan dan seni musik tradisional juga disuguhkan.

Prosesi batagak gala ini sudah melalui kebulatan dan kesepakatan ninik mamak suku kaum dan kesepakatan anak kaum dan kepala suku Datuak Rangkayo Basa kaum suku Panai Lundang.

Acara prosesi adat tersebut juga dihadiri Bupati Solok Selatan diwakili Wabup Yulfian Efi, belahan dari Panai Pesisir Selatan  H. Sutan Rajo Mudo suku Panai Lundang Air Hadji yang di Pesisir.

Dalam sambutannya Jhon Rizal Datuak Rangkayo Basa, menyampaikan terimakasih kepada hadirin yang telah hadir dalam prosesi adat ini dalam memenuhi undangan.

"Perbedaan lah menjadikan kita satu, seperti lambang tabigh yang terpampang di dinding yang memiliki warna perbedaan ada hitam, kuning, hijau, merah namun perbedaan itu menjadikan indah sehingga menjadi lambang. Tabir itu Minangkabau. Itulah Minangkabau," terangnya.

"Kami selaku pemimpin kaum berharap semoga kedepannya mampu mengemban amanah dan tugas selaku pemimpin kaum. Sahilia samudiak dengan anak kaum dan kemenakan dalam balutan adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah," tutur Jhon Rizal.

Jhon Rizal dikukuhkan sebagai Datuak Rangkayo Basa menggantikan H. Moechsis Moeloek, BE Datuak Rangkayo Basa yang meninggal dunia pada 20 Januari lalu. Moechsis Moelek adalah  mantan kepala Dinas Cipta Karya Sumbar di era Orde Baru dan juga ayah dari developer nasional Bally Saputra Datuak Jano Sati. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved