arrow_upward

HPN Tingkat Sumbar Diisi Anjangsana Pers ke Talawi dan Koto Gadang

Sabtu, 19 Februari 2022 : 20.07

 

Pengurus PWI Sumbar.

Padang, Analisakini.id-Keluarga Besar PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Sumbar, Pengurus IKWI (Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia) Sumbar dan Keluarga Besar Bidang Humas Polda Sumbar hari Sabtu (19/2/2022) mengadakan Anjangsana Pers ke rumah Adinegoro di Talawi Kota Sawahlunto dan rumah Roehana Kudus di Koto Gadang Kabupaten Agam.

Anjangsana pers ini dilaksanakan dalam rangkaian acara Hari Pers Nasional (HPN) 2022 Tingkat Sumatera Barat. Kegiatan ini disokong oleh tiga elemen yaitu PWI Sumbar, Polda Sumbar melalui Bidang Humas dan Pemprov Sumbar melalui Dinas Kominfotik.

Perjalanan Anjangsana Pers diikuti 50 orang menaiki dua bus full AC milik Polda, dilepas Sabtu pagi di Jalan Bagindo Aziz Chan No.8 A Padang oleh Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setyanto yang didampingi Ketua PWI Sumbar H. Heranof Firdaus, S.Sos.

Anjangsana Pers ini rutenya adalah Padang menuju Sawahlunto dan sarapan dulu di Kota Arang ini. Kemudian baru menuju Talawi dan bersilaturahmi dengan keluarga Adinegoro, yang lokasinya tidak jauh dari makam pahlawan nasional Muhammad Yamin.

Anjangsana Pers dilanjutkan ke Tanah Datar untuk makan siang. Selepas itu rombongan menuju Koto Gadang Kabupaten Agam untuk silaturahmi dengan keluarga wartawati pertama di Indonesia dan pendiri koran Soenting Melayu yaitu Roehana Kudus.

"Perjalanan ini dalam mengenang dua tokoh pers nasional asal Sumbar yaitu Adinegoro dan Roehana Kudus, sekaligus menghangatkan Hari Pers Nasional 2022 tingkat Sumbar yang akan dilaksanakan puncaknya 22 Februari di Auditorium Gubernuran. Bangsa yang besar adalah yang tidak lupa pada jasa pejuang dan pahlawan bangsanya," kata Kombes Pol Satake Bayu Setyanto.

Kegiatan Anjangsana Pers ini mendapat dukungan penuh dari Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra, yang menginginkan HPN 2022 tingkat Sumbar tidak kalah gebyar dari kegiatan HPN 2022 nasional di Kendari. Karena itu Polda juga menyelenggarakan Lomba Menulis dan Vaksinasi Covid-19 Booster untuk jurnalis.

Sementara itu, Ketua PWI Sumbar H. Heranof Firdaus memberikan apresiasi atas dukungan Kapolda pada Anjangsana Pers dan puncak acara HPN 2022 tingkat Sumbar nantinya. "Kita keluarga pers di Sumbar, khususnya PWI, salut dan hormat kepada Irjen Teddy Minahasa. Kemitraan pers dan polisi ini perlu dipelihara," kata Heranof Firdaus yang didampingi pengurus PWI Widya Navies dan Gusfen Khairul.

Mewujudkan kemitraan dengan Polda ini, PWI Sumbar merealisasikan dalam bentuk MOU tentang penanganan kasus hukum tentang pers. Ini merupakan turunan dari kerjasama Kapolri dan Dewan Pers di tingkat pusat yang penanganan kasus pers selalu mengacu kepada UU Pokok Pers No. 40 Tahun 1999.

Dalam puncak HPN 2022 mendatang sejumlah tokoh dan mitra PWI akan diberikan Penghargaan PWI 2022 yang ditandatangani oleh Ketum PWI Pusat Atal S. Depari. Salah satu yang akan menerima Penghargaan PWI itu adalah Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved