arrow_upward

Hendri Septa Canangkan Pembangunan Youth Center, Pusat Kreatif Pemuda

Senin, 07 Februari 2022 : 19.31
Walikota Hendri Septa bersama Kapolresta Padang Kombes Pol Imran Amir, Dandim 0312 Kolonel Inf M. Ghoffar Ngismangil dan pejabat lainnya, mencanangkan dimulainya pembangunan Padang Youth Center. (humas)

Padang, Analisakini.id-Pemerintah Kota Padang resmi memulai pembangunan "Padang Youth Center" selaku tempat yang bakal dijadikan pusat kreatif dan inovasi pemuda di Padang. 

Pembangunan Padang Youth Center yang berlokasi di ex Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Padang, Jalan Bagindo Aziz Chan itu resmi dicanangkan Walikota Padang Hendri Septa, Senin (7/2/2022).

Dalam sambutannya, Walikota mengatakan, pembangunan Padang Youth Center ini merupakan bagian dari 11 program unggulan (progul)nya yang diusung bersama Walikota Padang sebelumnya, yaitu merevitalisasi sarana dan prasarana olahraga tingkat RT/RW dan membuat taman per kecamatan, serta membangun pusat kreatif dan inovasi pemuda atau youth center.

"Alhamdulillah hari ini, Padang Youth Center resmi dimulai pembangunannya, diperkirakan selesai Juli 2022 ini," ungkap Walikota.

Selanjutnya orang nomor satu di Kota Bingkuang itu menginginkan kehadiran youth center juga dapat menyediakan ruang-ruang untuk lapangan pekerjaan bagi wirausahawan-wirausahawan muda dan komunitas-komunitas kreatif, sekaligus menjadi inkuator bisnis ekonomi kreatif di Padang.

"Insya Allah Padang Youth Center ini bisa menjadi wadah untuk menampung generasi muda di Padang, khususnya untuk menyalurkan bakat dan kreativitasnya. Selain itu, tempat ini juga akan menjadi 'research and development' bagi semua lintas sektor ekonomi kreatif di bawah naungan Kemenparekraf tentunya," jelasnya.

Tak hanya itu, Wako Padang juga berharap melalui peran dan fungsi Padang Youth Center ini akan mengurangi berbagai kenakalan remaja yang ada di  Padang sehingga dengan upaya tersebut akan terciptanya generasi muda yang andal, mumpuni dan berkater mulia selaku generasi penerus atau calon pemimpin bangsa. 

"Semoga semua unsur dan semua pihak di kota ini mendukung kesukseskan program yang dilakukan di Padang Youth Center ini," pungkas Wako.

Senada dengan itu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Padang Afriadi menyebutkan, untuk gedung Padang Youth Center ini dibangun dengan 3 lantai, yang disiapkan sebagai pusat kreativitas pemuda yang terdiri dari 17 sub sektor ekonomi kreatif, termasuk stand fashion dan produk UMKM unggulan Kota Padang. 

"Untuk lantai I seluruh dinding dan sekat-sekat partisi akan kita buka sehingga menjadi ruang lepas dengan tiang-tiang kolom yang akan kita percantik, disertai banyak tersedia colokan listrik yang bisa dimanfaatkan bagi wirausahawan muda untuk memfungsikan laptop, smartphone dan lainnya. Kita juga menyediakan layanan akses internet kecepatan tinggi yang nantinya akan dimanfaatkan sebagai lobby, hall dan ruang pameran dengan kapasitas 1.000-1.500 orang," terangnya.

Sementara untuk lantai II lanjut Afriadi, pihaknya akan menyediakan ruang-ruang kegiatan kreatif dan 'coworking space' yang nyaman dengan kapasitas 150 orang. Selain itu juga tersedia dua buah ruang training, 'amphytheater', 7 ruang rapat, serta studio fasilitas lengkap untuk studio podcast, photography, editing video dan desain serta studio musik.

"Kemudian untuk lantai III akan dimanfaatkan sebagai coworking space. Kita tentu berharap pembangunan gedung Padang Youth Center ini berjalan lancar sesuai harapan. Kalau bisa lebih cepat selesainya sehingga dapat difungsikan oleh masyarakat atau generasi muda kita," imbuhnya.

Pada saat yang sama Kepala Bappeda Padang Yenni Yuliza juga menuturkan pembangunan Padang Youth Center merupakan poin ketujuh yang tertuang dalam 11 progul Walikota Padang.

Dijelaskan, sSesuai perencanaan pembangunan fisik gedung Padang Youth Center ini ditargetkan akan selesai pada Juli 2022. Keberadaan Padang Youth Center ini juga penting, karena akan dimanfaatkan pada momen pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-XV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Agustus 2022.

"Kita juga berharap hadirnya youth center ini dapat menjadi wadah bagi anak muda di Padang untuk berperan membantu pemulihan perekonomian yang terdampak akibat pandemi Covid-19," imbuhnya.

Adapun dalam pencanangan pembangunan Padang Youth Center tersebut juga hadir unsur Forkopimda Kota Padang di antaranya Kapolresta Padang Kombes Pol Imran Amir, Dandim 0312/Padang Kolonel Inf M. Ghoffar Ngismangil serta sejumlah kepala OPD dan Camat se-Kota Padang. 

Selain itu juga terlihat Ketua KONI Padang Yusra, Ketua Ekonomi Kreatif Padang beserta ketua-ketua komunitas ekonomi kreatif dan kepemudaan di Padang. (***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved