arrow_upward

Andi Widjajanto Orang Sipil Keempat yang Jadi Gubernur Lemhanas, Tiga Sebelumnya Profesor

Senin, 21 Februari 2022 : 15.15

 

Andi Widjajanto.

Jakarta, Analisakini.id-Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Andi Widjajanto sebagai Gubernur Lemhannas. Andi Widjajanto menjadi orang sipil keempat yang menjadi Gubernur di lembaga itu.

Berdasarkan data yang dikutip dari lemhannas.go.id, Senin (21/2/2022), Andi menjadi Gubernur ke-17. Berikut empat Gubernur Lemhannas dari sipil:

1. Prof Ermaya Suradinata (2001-2005). Nama Ermaya lama malang melintang di IPDN.

2. Prof Dr Muladi (2005-2011). Mantan Menteri Kehakiman, mantan hakim agung, mantan Mensesneg hingga mantan Komisioner Komnas HAM. Guru Besar Undip itu meninggal dunia pada 31 Desember 2020.

3. Prof Budi Susilo Soepandji (2011-2016). Budi merupakan adik mantan Jaksa Agung, Hendarman Soepandji. Sehari-hari, ia merupakan Guru Besar Teknik Sipil UI.

4. Andi Widjajanto PhD (bakal dilantik)

Andi menggantikan Letjen (Purn) Agus Widjojo. Andi merupakan alumnus FISIP UI. Dia dikenal sebagai pengamat pertahanan.

Dia pernah mengenyam pendidikan master di Industrial College of Armed Forces, Washington DC, Amerika Serikat. Dia juga beberapa kali diajak untuk menjadi anggota Task Force Pusat Studi Pemerintah Daerah (LOGOS) serta Task Force for Defense White Paper SESKO TNI AD.

Andi pernah menjadi salah satu anggota Timses Jokowi dalam Pemilu 2014. Tim itu ditunjuk langsung oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan disetujui oleh Jokowi.

Masukan-masukan Andi berhasil menyukseskan Jokowi hingga terpilih menjadi presiden.

Pada Oktober 2014, Jokowi kemudian menunjuk Andi Widjajanto sebagai sekretaris kabinet. Posisi itu didudukinya hanya satu tahun.

Tahun 2015, Andi diganti oleh Pramono Anung. Pada  2020 Andi Widjadjanto menjabat penasihat senior Kantor Staf Presiden (KSP). Andi diangkat sebagai penasihat senior per 4 Februari 2020. 

Andi adalah dosen FISIP UI dan anak tokoh PDI-P Theo Syafei yang dikenal dekat dengan Megawati Soekarnoputri. Sebelum bergabung dengan PDIP, Theo adalah seorang militer dan pernah bertugas sebagai Pangdam. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved