arrow_upward

Kalahkan Erizal Muchtar dan James Hellyward, Helmi Terpilih Sebagai Ketua Dewan Profesor Unand 2021-2026

Kamis, 27 Januari 2022 : 17.33

 

Pro. Helmi (tengah) bincang-bincang dengan profesor lainnya. (ist)

Padang, Analisakini.id-Prof. Helmi, Ph. D terpilih sebagai Ketua Dewan Profesor Universitas Andalas periode 2021-2026 pada rapat pemilihan yang dilakukan Kamis (27/1) di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang.

Helmi berhasil mengumpulkan 64 suara, unggul dari Prof. Erizal Mukhtar, MSc (Guru Besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan) yang mendapatkan 32 suara sedangkan Prof. James Hellyward, MS (Guru Besar Fakultas Peternakan) meraih 19 suara yang dilakukan secara hybrid.

Lahir di Limapuluh Kota pada 15 Agustus 1959, ia merupakan Guru Besar Tetap dalam Ilmu Pembangunan Pertanian pada Fakultas Pertanian. Selain itu pernah menjabat Wakil Rektor IV Universitas Andalas periode 2011-2015 pada masa Rektor Prof. Werry Darta Taifur.

Rapat pelaksanaan pemilihan ini dipimpin oleh Prof. Firman Hasan, SH, LLM yang didampingi oleh Prof. dr. Hardisman, Ph. D.

Ketua Senat Akademik Universitas (SAU) Universitas Andalas Prof. Syafizal Sy mengatakan Dewan Profesor merupakan alat kelengkapan SAU menjalankan fungsi memberikan pertimbangan, pengembangan keilmuan, dan budaya akademik.

Nantinya Dewan Profesor menjalankan fungsi menjaga dan meningkatkan marwah reputasi keilmuan Universitas Andalas, ikut meningkatkan kontribusi keilmuan, pemikiran, dan penerapannya oleh Universitas Andalas  dalam menghadapi isu-isu strategis yang dihadapi bangsa dan Negara, serta peningkatan kualitas peradaban berdasarkan nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila.

Selain itu, memberikan pertimbangan kepada SAU terhadap penetapan norma persyaratan pemberian gelar akademik dan pemberian penghargaan akademik, dan memberikan pertimbangan terhadap penugasan guru besar emertius.(***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved