arrow_upward

Berkinerja Sangat Bagus, Bank Nagari Berprestasi Pula, Ini Penghargaan yang Diraih Selama 2021

Senin, 24 Januari 2022 : 19.49

 

Dirut Bank Nagari Muhammad Irsyad dan Komut Bank Nagari Benny Warlis bersama para direksi dan komisaris. (ist) 

Padang, Analisakini.id-Meski masih dilanda pandemi Covid-19 yang berdampak negatif pada segala sektor kehidupan, namun PT. Bank Nagari berhasil membukukan laba bersih tertinggi yakni Rp 416,29 miliar (unaudited) di tahun 2021 atau tumbuh Rp86,04 miliar dari Desember 2020.

Berdasarkan data dari Bank Nagari, pencapaian laba bersih tersebut tak lepas dari adanya dorongan oleh pertumbuhan pendapatan bunga kredit serta adanya efisiensi beban bunga Dana Pihak Ketiga (DPK).

Selain laba, dari sisi aset, kredit/pembiayaan, dana pihak ketiga hingga salurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan dana program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) juga memperlihatkan perkembangan dan hasil bagus. 

Tak hanya berkinerja sangat bagus, Bank Nagari selama tahun 2021 juga meraih sejumlah penghargaan. Itu semua tidak terlepas dari manajemen Bank Nagari yang menerapkan kerja profesional, terukur, membangun kemitraan dan selalu lahirkan inovasi untuk tingkatkan pelayanan kepada nasabah.

Apa saja penghargaan yang diraih Bank Nagari selama tahun 2021? Berikut rinciannya.


1. Infobank Top BUMD Award 2021 pada 31 Maret.

Bank kebanggaan pemerintah dan masyarakat Sumbar ini meraih penghargaan Infobank Top BUMD Award 2021 dengan predikat Excellent.

Pemimpin Divisi Sekretaris Perusahaan (Sekper) Bank Nagari Idrianis, Rabu (31/3/2021) menyebutkan, ini merupakan apresiasi bagi BUMD yang berkinerja baik pada 2020.

“Penghargaan yang diserahkan pihak Infobank itu, langsung diterima oleh Direktur Keuangan Bank Nagari Sania Putra di Financial Hall Graha CIMB Niaga Sudirman, Jakarta," katanya.

Penghargaan “Infobank Top BUMD Award 2021” diberikan atas dasar kajian Biro Riset Infobank bertajuk “Rating BUMD 2020” atas kinerja keuangan BUMD tahun 2020. Untuk BUMD berbentuk BPD, laporan keuangannya menggunakan data hingga periode Desember 2020.

Direktur Keuangan Bank Nagari, Sania Putra secara terpisah menyebutkan, penghargaan ini adalah berkat kerja keras manajemen, karyawan, pemerintah dan nasabah Bank Nagari.


2. ICCA Awards 2021 pada 11 Juni.

Bank Nagari menyabet penghargaan 2nd The Best Informative Website 2021 Indonesia Corporate Secretary and Corporate Communication (ICCA) Award -VI-2021 untuk kategori BPD BUKU II dengan asset lebih dari Rp25 triliun. Pengharagaan ini diterima oleh Pimpinan Divisi Sekretaris Perusahaan Idrianis, secara daring pada Jumat (11/6/2021).

Ajang tahunan ICCA Award ini adalah inisiasi Economic Review, Indonesia-Asia Institute, Ideku Group berkolaborasi dengan Perempuan Pemimpin Indonesia, Pemimpin Nusantara Bersatu, Fortuna PR. Untuk tahun 2021 yang merupakan ajang yang ke-6, tema yang diangkat adalah “Digital Literacy: Winning New Competition Era.

Penghargaan ini membuktikan Bank Nagari sukses menyampaikan informasi secara terbuka dan transparan melalui Annual Report. Juga dinilai mampu merencanakan, mengimplementasikan, memonitor dan mengevaluasi strategi dan program Divisi Sekretaris Perusahaan serta mampu membuktikan efektivitasnya dalam pembangunan reputasi perusahaan.

3. Performa Terbaik Penyaluran KPR-FLPP, 27 Agustus.

Bank Nagari, satu dari tiga bank, dinobatkan sebagai Bank Penyalur Kredit Pemilikan Rumah Bersubsidi kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), yang popular disebut KPR-FLPP berdasarkan performa penyaluran s.d. kuartal III Tahun 2021. 

Penghargaan ini diumumkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) di sela-sela kegiatan evaluasi pada 26-27 Agustus 2021 di Hotel Four Points By Sheraton Bandung serta yang hadir secara virtual di seluruh Indonesia.

Penghargaan tersebut tidak sembarangan dan tidak diperoleh dengan mudah karena penilaian dilakukan berdasarkan 12 parameter.

Muhammad Irsyad, Direktur Utama Bank Nagari didampingi Direktur Kredit dan Syariah Gusti Candra mengatakan ada beberapa strategi yang dilakukan dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas penyaluran KPR-FLPP kepada  masyarakat yang membutuhkan, antara lain melakukan penyempurnaan sistem dan teknologi untuk memudahkan akses nasabah dan percepatan pelayanan, gencar melakukan sosialisasi dan edukasi tentang KPR-FLPP kepada masyarakat berpenghasilan tetap maupun masyarakat non fix income group hingga pemasaran secara digital melalui media sosial dan group-group aplikasi komunikasi online.

4. Penghargaan Golden Trophy dari Infobank Award 2021, 9 September.

Ada dua penghargaan yang diterima Bank Nagari yaitu penghargaan dengan kategori modal inti Rp1 triliun sampai dengan di bawah Rp5 triliun (Buku 2) dan penghargaan kedua adalah kategori Bank berpredikat sangat bagus selama 5 tahun per Desember 2016-2020 (Golden Trophy).

Direktur Utama Bank Nagari Muhamad Irsyad menuturkan, capaian prestasi yang diraih Bank Nagari tersebut merupakan hasil kerja keras dari unsur direksi, komisaris dan seluruh karyawan Bank Nagari.

“Ini juga tak terlepas dari dukungan kuat dari para stakeholder kepada Bank Nagari untuk menghasilkan kinerja dan prestasi,” ujarnya.

Dengan penghargaan ini, kata Irsyad, tentu akan menjadi daya dorong dan motivasi bagi pihaknya bisa memberikan kontribusi terhadap percepatan pemulihan dan peningkatan ekonomi masyarakat di Sumbar.

5. Paritrana Award kategori Perusahaan Besar, 21 Oktober.

Penghargaan Paritrana Award 2020 untuk Bank Nagari sebagai terbaik kedua kategori perusahaan besar diserahkan oleh Wagub Sumbar Audy Joinaldy, di Istana Gubernuran, Padang, Kamis (21/10/2022).

Acara Paritrana Award 2020 sebelumnya telah digelar 9 September 2021secara virtual. Kegiatan ini disaksikan Wapres, Ma'aruf Amin, Menko-PMK, Muhadjir Effendy, Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, dan Direktur Utama (Dirut) BP Jamsostek, Anggoro Eko Cahyo.

Bank Nagari merupakan satu-satunya perbankan di Indonesia yang memenangi Paritrana Award kategori Perusahaan Besar.

Paritrana Award merupakan ajang apresiasi kepada para pelaku usaha dan pemerintah daerah yang memiliki komitmen serta dukungan terhadap pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan. Ajang tersebut diinisiasi  Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko-PMK) bersama Kementerian Ketenagakerjaan, dan BP Jamsostek dalam perlindungan tenaga kerja.

Direktur Utama Bank Nagari, Muhamad Irsyad mengaku bersyukur mendapat apresiasi karena selama ini Bank Nagari selalu taat, patuh terhadap regulasi, dan membayar iuran tepat waktu, dan Bank Nagari juga memberikan perhatian terhadap tenaga kerja rentan.

6. Penghargaan Bank Syariah Pemberdayaan UMKM Terbaik, 8 Desember

Bank Nagari melalui Unit Usaha Syariah (UUS) Bank Nagari menyabet penghargaan Anugerah Syariah Republika (ASR) 2021 pada kategori Bank Syariah Regional Pemberdayaan UMKM Terbaik, Rabu (8/12/2021).

Penghargaan ini diterima oleh Direktur Utama Bank Nagari, Muhamad Irsyad dari Pemimpin Redaksi Republika, Irfan Junaidi secara virtual pada kegiatan yang bertemakan Ekonomi Syariah Memacu Pertumbuhan Ekonomi Nasional.

Dirut Bank Nagari, Muhamad Irsyad mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumbar, Bupati dan Walikota se-Sumbar, Ketua Koperasi Karyawan Bank Nagari, Dewan Komisaris, Dewan Pengawas Syariah, Direksi, Pemimpin Divisi, Pemimpin Cabang, Pemimpin Cabang Pembantu, seluruh pejabat dan pegawai Bank Nagari atas penghargaan yang diterima.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada nasabah serta lapisan masyarakat dan stakeholders lainnya sehingga membuat Bank Nagari mendapatkan penghargaan bergengsi dari ajang ASR  2021.

UUS Bank Nagari menyabet penghargaan untuk kategori yang kongkrit dan nyata menunjukkan kontribusi dan perhatian Bank dalam pengembangan ekonomi sektor rill yaitu sebagai Bank Syariah Regional Pemberdayaan UMKM Terbaik.

(***)




Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved