arrow_upward

Bank Nagari Tuan Rumah Raker FKDK BPDSI se-Sumatera, Ini Harapan Wagub Audy Joinaldy

Kamis, 13 Januari 2022 : 17.54
Wagub Sumbar Audy Joinaldy bersama Koordinator FKDK BPDSI Wilayah Barat, Edi Junaidi, Komut Bank Nagari Benni Warlis, Dirut Bank Nagari Muhamad Irsyad dan jajaran Direksi dan Komisaris Bank Nagari lainnya, usai kegiatan Welcome Party Raker FKDK BPDSI se-Sumatera. (ist)

Padang, Analisakini.id-Bank Nagari menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rapat Kerja (Rapat Kerja) Forum Komunikasi Dewan Komisaris (FKDK) Bank Pembangunan Daerah Seluruh Indonesia (BPDSI) wilayah barat (Sumatera), 13-15 Januari 2022.

Raker ini diikuti  65 orang yang terdiri dari Dewan Komisaris, Komite dan Sekretaris Dewan Komisaris dari 8 BPD di Sumatera yakni Bank Nagari, Bank Syariah Aceh, Bank Sumut, Bank SumselBabel, Bank RiauKepri, Bank Jambi, Bank Lampung, dan Bank Bengkulu. 

Sebelum penyelenggaraan Raker, terlebih dahulu dilaksanakan Welcome Party di Santika Premiere Hotel Padang, 12 Januari 2022 yang dihadiri  antara lain Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, Koordinator FKDK BPDSI wilayah barat, Edi Junaidi, Komisaris Utama (Komut) Bank Nagari, Benni Warlis bersama jajaran Komisaris, Direktur Utama (Dirut) Bank Nagari, Muhamad Irsyad dan jajaran Direksi Bank Nagari lainnya. 

Koordinator FKDK BPDSI wilayah barat, Edi Junaidi yang juga Komisaris Utama Bank Sumsel Babel mengatakan, rangkaian kegiatan Raker FKDK BPDSI wilayah barat sendiri dibuka dengan acara Welcome Party untuk menyambut kedatangan peserta Raker yang terdiri dari Dewan Komisaris, Komite, dan Sekretaris Dewan Komisaris dari 8 BPD yang ada di pulau Sumatera. 

"Rangkaian selanjutnya dari Raker FKDK BPDSI wilayah barat yakni pemantapan program 2022, kegiatan workshop, dan seminar, serta kegiatan wisata ke sejumlah destinasi wisata andalan di Sumbar," katanya.

Untuk kegiatan seminar, tema yang diangkat adalah Digital Leadership dan Peran Komisaris Dalam Menghadapi VUCA. Materi seminar tersebut disampaikan oleh pemateri, Anika Faisal, Komisaris PT Bank Jago.

Tema seminar kedua adalah Optimalisasi Tugas dan Tanggung Jawab Komite Audit, Komite Pemantauan Risiko, dan Sekretaris Dewan Komisaris Sebagai Alat Bantu Dewan Komisaris yang disampaikan oleh pemateri, Jerry Marmen (Komisaris Utama Bank KB Bukopin).

"Dia juga seorang motivator spesialisai strategi perusahaan dan bisnis serta tata kelola Manajemen Risiko dan Kepatuhan,”jelasnya. 

Edi mengungkapkan, terselenggaranya kegiatan Raker FKDK BPDSI wilayah barat 2022 di Padang merupakan hasil kesepakatan dan kesediaan Bank Nagari yang disampaikan dalam rapat pengurus yang dilaksanakan secara virtual pada awal Desember 2021 lalu. 

"Oleh karena itu atas nama pengurus dan anggota FKDK BPDSI wilayah barat mengucapkan terima kasih kepada Bank Nagari dan Pemko Padang serta Pemprov Sumbar yang telah mendukung kelancaran kegiatan ini," ungkapnya. 

Edi menyebutkan, FKDK BPDSI adalah wadah untuk menampung aspirasi serta untuk memberikan kontribusi dalam rangka meningkatkan peran BPD dalam dunia perbankan. Dengan adanya wadah ini diharapkan Dewan Komisaris BPDSI akan memperoleh kemudahan dalam berkomunikasi secara kelembagaan. 

"Ini juga dapat dimanfaatkan untuk tujuan pengembangan profesi dan organisasi serta hal-hal lain yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab Dewan Komisaris dalam melakukan fungsi pengawasan," ujar Edi. 

Sementara itu Komut Bank Nagari, Benni Warlis mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dari FKDK BPDSI wilayah barat yang memberikan kesempatan untuk Bank Nagari menggelar kegiatan rangkaian Raker tersebut di Padang. 

Ia menambahkan, kegiatan Raker FKDK BPDSI wilayah barat selain menjadi ajang memperkuat silaturahim antara seluruh BPD di pulau Sumatera tapi juga menjadi ajang saling berbagi informasi dan pengalaman Dewan Komisaris di BPD mereka masing-masing. 

"Mudah-mudahan kegiatan Raker ini menghasilkan sesuatu yang terbaik dalam rangka berkontribusi terhadap peningkatan peran BPD di dunia perbankan Indonesia," jelasnya. 

Dirut Bank Nagari, Muhamad Irsyad dalam sambutannya mengatakan, atas nama manajemen dan karyawan Bank Nagari mengucapkan selamat datang kepada Dewan Komisaris, Komite, dan Sekretaris Dewan Komisaris yang melakukan Raker di Padang. 

Dijelaskan, kegiatan Raker FKDK BPDSI wilayah barat tidak hanya memberikan kontribusi terhadap peningkatan peran BPD tapi juga secara tidak langsung juga memberikan dampak positif terhadap sektor pariwisata di Provinsi Sumbar. 

"Jadi para tamu juga diagendakan untuk mengunjungi sejumlah destinasi wisata andalan di Sumbar, tentu ini bisa mengenalkan keindahan Sumbar dan juga meningkatkan perekonomian masyarakat," jelasnya. 

Dirut berharap, dengan kegiatan Raker FKDK BPDSI wilayah barat tersebut, akan tercipta hubungan yang harmonis dan solid antara seluruh BPD di pulau Sumatera sehingga bisa memberikan dampak positif terhadap peningkatan ekonomi khususnya di wilayah Sumatera. 

Terpisah, Wagub Sumbar, Audy Joinaldy menyampaikan, pulau Sumatera merupakan pulau kedua terbesar setelah pulau Jawa yang memberikan kontribusi terhadap perekonomian Indonesia. Hal tersebut tidak terlepas dari peran dan kontribusi seluruh BPD yang ada di pulau Sumatera. 

Untuk meningkatkan itu semua, dirinya sangat mengapresiasi dengan adanya FKDK BPDSI sehingga forum tersebut bisa menjadi wadah dan tempat bagi seluruh BPD di Indonesia khususnya Sumatera untuk memaksimalkan peran dan fungsi di dunia perbankan. 

"Kami dari Pemprov Sumbar mengucapkan selamat datang bagi FKDK BPDSI wilayah barat ke Provinsi Sumbar. Mudah-mudahan dengan kegiatan yang dilaksanakan bisa memberikan dampak positif terhadap Provinsi Sumbar ke depan," tukasnya. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved