arrow_upward

Putra Minang Terpilih Jadi Ketua Umum DPP HA IPB Periode 2021 - 2025

Senin, 20 Desember 2021 : 21.04

 

Ketua DPP HA IPB Terpilih, Walneg S Jas (kanan) menerima Pataka dari pimpinan sidang Munas VI HA IPB minggu dinihari (20/12). (dok tempo.co)

Bogor, Analisakini.id-Putra Minang yang juga pengusaha Walneg S. Jas dan pasangannya Sukma Kamajaya terpilih menjadi Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal Dewan Pengurus Pusat Himpunan Alumni IPB (DPP HA IPB) periode 2021 – 2025. Ketetapan itu diperoleh setelah melalui proses voting dilakukan secara luring dan daring pada Senin dini hari (20/12).

Dalam proses pemungutan suara, Walneg mengungguli calon lain yang ikut berkompetisi menjadi ketua umum dalam Musyawarah Nasional VI Himpunan Alumi IPB (Munas VI HA IPB) yang digelar dari 17 Desember sampai dini hari 20 Desember 2021. Calon ketua umum lainnya adalah anggota Dewan Pengawas BRIN Tri Mumpuni dan pengusaha energi Atep N. Subandar.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy yang digadang-gadang menjadi lawan terberat Walneg dalam kontestasi ini mengundurkan diri sesaat sebelum proses voting dimulai pada pukul 23.30 WIB. Audy mundur setelah proses musyawarah yang dilakukan sebelumnya untuk menentukan ketua umum tidak menemukan kata mufakat. 

Audy menyebut proses pemilihan ketua umum yang dilakukan dengan sistem voting akan memakan waktu yang cukup lama, padahal keesokan paginya dia harus menjalani sidang doktoral. Proses Munas VI HA IPB ini memang berjalan cukup alot sehingga sidang pleno pemilihan Ketua Umum dan Sekjen yang harusnya dijadwalkan Minggu pagi baru bisa diadakan pada pukul 21.00 WIB. 

Meski begitu Audy yang juga ketua Himpunan Alumni Fakutas Peternakan (Hanter IPB) berjanji akan tetap menyokong seluruh kegiatan yang akan dilakukan oleh DPP HA IPB.

Walneg Sopia Jas, putra Minang kelahiran Koto Gadang, Agam ini seperti dikutip dari tempo.co, pada periode kepengurusan DPP HA IPB sebelumnya sudah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal.  Walneg dikenal aktif berorganisasi sejak dari Tingkat Persiapan Bersama (TPB IPB) tahun 1990 dengan menjadi Ketua Organisasi Mahasiswa Angkatan (OMA) bersama Prof. Arif Satria yang sekarang menjadi Rektor IPB University.  

Setelah lulus dari Fakultas Teknologi Pertanian tahun 1994 Walneg memulai karir profesionalnya di sebuah perusahaan susu pada 1995 sampai akhirnya menjadi vice president di sebuah bank swasta tahun 2009. Pada tahun 2009 dia memutuskan melepas karirnya sebagai vice president dan mendirikan sebuah perusahaan konsultasi manajemen bernama PT. Tiga Positif Paradigma. Di dunia akademis Walneg lulus dari Magister Manajemen Prasetya Mulya tahun 2007 dan saat ini melanjutkan studi doktoralnya di IPB sejak tahun 2018.

Dalam kampanye, pasangan Walneg-Sukma mengklaim pada periode kepengurusannya sebagai sekjen dan wasekjen  telah menjalankan 178 kegiatan melibatkan hampir 32 ribu peserta sepanjang 2018-2021  dengan beberapa program unggulan seperti Friday Talk, Mentoring Leader, ARM HA-IPB, Donor Darah, dan Forum Bisnis Alumni.  (***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved