arrow_upward

Kepala Daerah dan Dua Bank Raih Anugerah Syariah, Lima Alumni FPUA ini Aktornya

Jumat, 10 Desember 2021 : 15.00

 

Anugerah Syariah Republika 2021

Jakarta, Analisakini.id-Rabu lalu (8/12/2021), para pelaku ekonomi syariah meraih Anugerah Syariah Republika (ASR). Penghargaan diberikan kepada perbankan, Industri Keuangan Nonbank (IKNB) seperti asuransi serta financial technology (fintech) syariah. 

ASR 2021 menjadi penyemangat bagi pelaku ekonomi dan keuangan syariah nasional. Perhelatan yang dimaksudkan untuk memberikan apresiasi yang digelar untuk kelima kalinya pada tahun ini melingkupi beberapa sektor.

Menurut Ketua Dewan Juri ASR 2021, Nur Hasan Murtiaji, sektor yang dilibatkan dalam perhelatan ASR tahun ini lebih luas ketimbang tahun lalu. Pada ASR 2021 terdapat 38 kategori peraih Anugerah. Tahun lalu hanya 20 peraih ASR.

Dan yang paling ditunggu-tunggu oleh publik jelang pengumumannya adalah tokoh ekonomi syariah. Hingga akhirnya saat diumumkan, tokoh ekonomi syariah adalah Joko Widodo, Presiden RI.

Tiga kategori lainnya yang mendapat ASR ternyata diaktori oleh lima alumni Fakultas Pertanian Universitas Andalas (FPUA). 

Tiga kategori itu adalah kepala daerah terinovatif diraih oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi, Bank Syariah Regional Pemberdayaan UMKM Terbaik diraih oleh Unit Usaha Syariah (UUS) Bank Nagari dan kategori Bank Syariah Regional Inovasi Digital Terbaik diraih oleh Unit Usaha Syariah (UUS) Bank DKI.

Siapa lima alumni FPUA dimaksud?

1. Mahyeldi

Mahyeldi adalah Gubernur Sumbar yang dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta pada 25 Februari. Sejak dilantik, Mahyeldi terus berkomitmen dan melahirkan sejumlah inovasi dalam mensyairkan ekonomi syariah di Sumbar. Apalagi Sumbar, dikenal dengan filosopi adat basandi sarak, sarak basandi kitabullah (ABS-SBK).

Mahyeldi adalah alumni FPUA angkatan 86 yang sebelumnya adalah Walikota Padang. Sebelumnya lagi Wakil Walikota Padang. Karir politik mantan guru mengaji dan kuliah sambil kerja ini diawali saat menjadi Wakil Ketua DPRD Sumbar pada 2004. Saat itu juga dipercaya menjadi Ketua DPW PKS Sumbar.

2. Muhammad Irsyad

Muhammad Irsyad yang kerap disapa Jack ini, adalah Direktur Utama Bank Nagari. Keberhasilan Bank Nagari meraih penghargaan ASR 2021 tidak terlepas dari kepemimpinan M. Irsyad dalam memimpin  bank plat merah daerah itu. Di tangannya Bank Nagari dan unit syariah tumbuh subur dan berkembang.

M. Irsyad adalah alumni FPUA angkatan 82 yang berkarir di Bank Nagari dari nol. Singkat kata, putra Piaman ini berkarir sebagai profesional perbankan sejak tamat kuliah. Tak heran, M. Irsyad lebih dikenal sebagai sosok yang menguasai dunia perbankan. Dan wajar sejak 13 Agustus 2020, dia resmi menjadi pucuk pimpinan tertinggi di Bank Nagari.

3. Benny Warlis

Benny Warlis adalah Komisaris Utama Bank Nagari. Asisten II Setdaprov Sumbar resmi menjadi Komisaris Utama Bank Nagari sejak 16 Maret 2021. Untuk menduduki jabatan ini tidaklah mudah. Butuh tes dan persyaratan sesuai ketentuan yang ada.

Benny Warlis adalah alumni FPUA angkatan 82. Dia sudah malang melintang di birokrat dan lama mengabdi di Pemko Payakumbuh dengan jabatan terakhir Sekdako Payakumbuh. Sebagai pamong senior dan beberapa tahun terakhir kerap memberikan ceramah dan khutbah, patut menjadi tauladan bagi ASN lain.

4. Gusti Candra

Gusti Candra adalah Direktur Kredit dan Syariah Bank Nagari sejak 13 Agustus 2020 dan menjadi Direktur termuda dalam sejarah Bank Nagari. Meski muda, tapi soal pengalaman, pengetahuan soal perbankan jangan ditanya. Sudah senior. Dia memang berkarir dari bawah di Bank Nagari dan tahu sudut-sudut Bank Nagari.

Keberhasilan Bank Nagari meraih penghargaan ASR 2021 apalagi untuk kategori pemberdayaan UMKM terbaik, tidak bisa lepas dari perannya. Sebagai Direktur Kredit dan Syariah, tentu Gusti Candra, alumni FPUA angkatan 92 ini melahirkan banyak terobosan untuk memberdayaan UMKM dan kini memang banyak berkembang.

Fidri Arnaldy.

5. Fidri Arnaldy

Fidri Arnaldy adalah Direktur Utama Bank DKI. Keberhasilan Bank DKI meraih penghargaan ASR 2021 tidak terlepas dari sosok Fidri Alnardy. Di tangannya Bank DKI  dan unit syariah tumbuh subur dan berkembang. Tentu juga melahirkan inovasi dan terobosan dalam digitalisasi. Dan Bank DKI memang meraih penghargaan Bank Syariah Inovasi Digital Terbaik 2021. 

Fidri Arnaldy, alumni FPUA angkatan 85 ini soal digitalisasi memang selalu menjadi penekanan. Profesional perbankan yang diakui kapasitas dan kredibelnya saat menjadi pucuk pimpinan di BRI dan terakhir sebagai Direktur Bisnis Ritel BRI Syariah ini, tidak ditampik profesionalisme terukur.

Dukungan Semua Pihak

Meski meraih ASR, Gubernur Mahyeldi menyebut itu berkat dukungan semua pihak. "Saya menyampaikan apresiasi dan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Republika, masyarakat Sumbar, serta seluruh stakeholder atas penghargaan dan kehormatan bagi kami untuk menerima anugerah syariah Republika sebagai Tokoh Kepala Daerah Terinovatif Dalam Pengembangan Ekonomi Syariah 2021," kata Mahyeldi.

Begitu Bank Nagari. Menurut Direktur Utama Bank Nagari M. Irsyad mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumbar, Bupati dan Walikota se-Sumbar, Ketua Koperasi Karyawan Bank Nagari, Dewan Komisaris, Dewan Pengawas Syariah, Direksi, Pemimpin Divisi, Pemimpin Cabang, Pemimpin Cabang Pembantu, seluruh pejabat dan pegawai Bank Nagari atas penghargaan yang diterima.

"Terima kasih juga kepada nasabah serta lapisan masyarakat dan stakeholders lainnya sehingga membuat Bank Nagari mendapatkan penghargaan bergengsi dari ajang ASR  2021," katanya.

Bank DKI? Juga demikian pula. Keberhasilan yang diraih, berkat dukungan semua pihak. “Terima kasih kepada Republika dan Dewan Juri atas penghargaan yang diraih pada ajang Anugerah Syariah Republika pada kategori Bank Syariah Regional dengan Inovasi Digital terbaik kelompok Unit Usaha Syariah BPD," kata Fidri.

Menurutnya, penghargaan yang diterima Unit Usaha Syariah Bank DKI ini tentunya berkat kepercayaan yang diberikan oleh seluruh nasabah, pemegang saham, serta pemangku kepentingan atas produk dan layanan dari Unit Usaha Syariah Bank DKI. (***)





Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved