arrow_upward

Pokja Bunda PAUD Padang Dikukuhkan, Jangan Disia-siakan Anak-anak di era Usia Emas

Kamis, 18 November 2021 : 18.58
Pengurus Pokja Bunda PAUD Padang bersama Bunda PAUD Padang Ny. Genny Hendri Septa dan pejabat terkait lainnya. (rian)

Padang, Analisakini.id-Pendidikan bagi anak usia dini sangat penting, karena saat itu dimulainya pembentukan mental dan karakter semasa kecil atau pada usia 0-5 tahun sebelum masuk sekolah pada tingkat pertama di sekolah dasar.

"Ini yang disebut masa-masa emas (golden age) pada si anak, yang diharapkan menjadi generasi emas (golden generation) bagi Indonesia. Oleh karena itu harus dibekali dengan berbagai hal urgen yang dapat memperkokoh pondasi mereka dalam masa pertumbuhan hingga dewasa," kata Bunda PAUD Padang, Ny. Genny Hendri Septa, usai melantik kelompok kerja (pokja) Bunda PAUD Padang, Kamis (18/11/2021) di salah satu hotel di Padang.

Dalam  hal ini, sebut, Genny, Bunda PAUD dana para pendidik perannya sangat vital. Jadi lakonilah secara tulus dan totalitas. Jangan sia-siakan kesempatan emas ini.

Genny tidak menampik dalam era usia emas itu, dibutuhkan para guru/pendidik PAUD yang siap dalam menghadapi berbagai tantangan zaman guna menyiapkan generasi-generasi emas bangsa. 

"Yang menjadi masalah sekarang, insentif yang diterima guru/pendidik PAUD masih kurang. Kita berharap dukungan Dinas Pendidikan dan pihak-pihak lainnya, " kata Genny.

Disebutkan, untuk membantu tugas-tugas Bunda PAUD, saat ini Bunda PAUD Padang memiliki Kelompok Kerja (Pokja) yang bertugas membantu para Bunda PAUD untuk menjalankan tugas. Pokja ini memiliki andil dalam membantu menjalankan program PAUD Holistik-Integratif (PAUD HI).

Selain itu, juga mengingatkan untuk melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan para mitra kerja profesional seperti Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI), Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI), Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) dan organisasi masyarakat lainnya.

Genny berpesan kepada Pokja Bunda PAUD Kot Padang dan Bunda PAUD 11 kecamatan sekota Padang yang juga baru dikukuhkan untuk menjaga amanah dan menjadi sosok bunda yang selalu diingat oleh anak-anak penerus bangsa di daerah masing-masing. “Bekerjalah dengan iklas demi kemajuan anak-anak Indonesia, khusunya kota Padang," ajak Genny.

Pokja Bunda PAUD yang dilantik oleh Bunda PAUD Padang adalah Kabid PAUD Dikmas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Padang sebagai Ketua, Kabid Kualitas Hidup Perempuan Data dan Informasi DP3AP2KB Padang (wakil ketua), Kasi PAUD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Padang (Sekretaris). Desi Susanti (wakil sekretaris) dan DEsvalina Hermansyah (Bendahara).

Kepengurusan Pokja Bunda PAUD Padang itu dilengkapi dengan berbagai bidang dengan jumlah kepengurusan sekitar 22 orang.

Dalam kesempatan itu juga dilaksanakan bimbingan teknis (bimtek) penguatan kapasitas Bunda PAUD kecamatan dan kelurahan se-Kota Padang, dengan narasumber antara lain Dr. Wisma Endriman dari Dinas Pendidikan Sumbar. (***)



Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved