arrow_upward

Langkah Sigap Pemkab Garut Atasi Banjir yang Merendam 7 Rumah di Banyuresmi

Minggu, 21 November 2021 : 09.51

 

Peninjauan proses pengerukan di area DAS Cibuyutan, Kampung Citamiang, Desa Sukalaksana, Kecamatan Banyuresmi, Sabtu (20/11/2021).(Foto: Dok. BPBD Garut)

Garut, Analisakini.id- Banjir setinggi kurang lebih 30 hingga 50 sentimeter menggenangi 7 rumah warga akibat tersumbatnya Daerah Aliran Sungai (DAS) Cibuyutan di Kampung Citamiang, Desa Sukalaksana, Kecamatan Banyuresmi, pada Jumat (19/11/2021) lalu.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut, Satria Budi menuturkan berdasarkan laporan dari pemerintah kecamatan setempat, dengan ditinjau langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Garut, Nurdin Yana, kini telah dilakukan pengerukan oleh dinas teknis  dibantu oleh Tagana dan aktivis lingkungan Sekolah Sungai Cimanuk,  Sabtu (20/11/2011).

“Alhamdullilah secara gotong royong air pun dapat mulai mengalir dan rumah yang terdampak pun air nya sudah mulai surut,” ucap Satria Budi, dalam keterangannya, Minggu pagi (21/11/2021).

Dalam proses pengerukan di area aliran sungai tersebut, Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) Kabupaten Garut mengerahkan 1 unit beko loader dan 3 unit dump truk, sedangkan 1 unit dump truk milik Kecamatan Banyuresmi turut pula diurunkan.

Satria menyebutkan, tidak ada korban jiwa dalam bencana banjir kali ini, dan guna mempercepat pemulihan, pihaknya pun sudah melakukan pembersihan secara gotong royong bersama masyarakat setempat.

“Imbauan tetap dapat menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan dan aktifkan kembali budaya gotong royong,” pungkasnya.(***)



Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved