arrow_upward

Guspardi Gaus : Kesenian Berkembang Pertanda Kehalusan Budi dan Keluhuran Budaya Tetap Terjaga

Jumat, 26 November 2021 : 11.52

 

Anggota DPR dari Fraksi PAN Drs.H.Guspardi Gaus,M.Si bersama sejumlah tokoh. (ist).

Padang, Analisakini.id-Anggota DPR dari Fraksi PAN Guspardi Gaus menyampaikan kesenian yang berkembang pertanda kehalusan budi dan nilai-nilai keluhuran budaya yang tetap terjaga di tengah masyarakat. 

Menurutnya, wujud perhatian kepada kesenian tergambar dari kesungguhan komunitas masyarakat dan daerah dalam menjaga dan melestarikan kesenian sebagai  warisan budaya daerahnya. 

"Kesenian yang berkembang menandakan masyarakatnya sejahtera", ujar Politisi PAN ini saat memberikan sambutan dalam PKM  17 edisi II di Gedung Manti Menuik, Balai Baru, Padang, pekan lalu.

Membangkitkan kembali semangat berkesenian di tengah pandemi tentu tidak gampang. Namun ditengah pembatasan gerakan dan mobilitas masyarakat, kesenian tidak boleh berhenti apalagi mati sama sekali.

Legislator asal  Sumatera Barat ini  pun  menyampaikan keinginannya kembali menyaksikan pentas seni yang digagas oleh Pusat Kebudayaan Minangkabau pada bulan berikutnya. 

Direncanakan tari "Rantak Kudo" yang berasal dari Pesisir Selatan akan tampil pada edisi 3  di Ladang Tari Nan Jombang, Balai Baru, Kota Padang.

Oleh karena itu, Guspardi mengapresiasi yang tinggi kepada Pusat Kebudayaan Minangkabau (PKM) dan Nan Jombang Dance Company yang telah mewaqafkan waktu dan tenaga atas terselenggaranya event kesenian yang pada kesempatan ini menampilkan Talempong Unggan dan Talempong Kayu yang keduanya merupakan kesenian asli Kabupaten Sijunjung. 

"Semoga forum dan ruang berkesenian ini dapat dimanfaatkan oleh bebagai kelompok dan komunitas seni di seluruh kabupaten/kota di Sumatera Barat untuk menampilkan berbagai kesenian langka di Sumatera Barat," pungkas anggota Baleg DPR RI tersebut. 

Dalam acara PKM 17 edisi II ini juga tampak dihadiri oleh senator Sumbar Hj. Emma Yohana, para pengurus dan pembina   PKM seperti Syofwan Karim, H. Arnis Saleh, Yulizar Yunis, Hasril Chaniago  Zukri Saad dan Eko Yance Edrie. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved