arrow_upward

Diperjuangkan Anggota DPRD Sumbar Muhayatul, Keltan Lumpo Bahagia Jalan Usaha Tani Dibangun

Senin, 29 November 2021 : 19.07

 

Ketua Fraksi PAN DPRD Sumbar Muhayatul bersama sejumlah tokoh masyarakat Kenagarian Lumpo, Pesisir Selatan.

Painan, Analisakini.id-Kelompok tani (keltan) kenagarian Lumpo, Kecamatan IV Jurai sangat mendambakan adanya jalan usaha tani di areal persawahan mereka. Soalnya saat musim panen tiba, sulit mengangkutnya ke luar. Kalau pun bisa dibawa keluar, butuh biaya lebih besar lagi.

Melihat kondisi demikian, sejumlah tokoh masyarakat setempat menyampaikan persoalan itu kepada anggota DPRD Sumbar dari daerah pemilihan (dapil) Pessel-Mentawai, Muhayatul dalam kunjungan ke sana, Sabtu (26/11/2021).

"Sudah lama kami mendambakannya sehingga meringankan beban masyarakat. Dengan adanya jalan usaha tani, cost bisa ditekan sekaligus juga memudahkan masyarakat menganugkut hasil panen ke luar," kata seorang masyarakat setempat dalam pertemuan yang berlangsung di kantor Walinagari Lumpo.

Dalam pertemuan bertajuk silaturrahmi itu, Muhayatul menjelaskan, aspirasi masyarakat tersebut adalah rill di lapangan. Bahkan dia lihat di lapangan begitu adanya.  Muhayatul pun tidak menampik dengan kenyataan itu, cost petani bertambah tinggi dan pendapatan berkurang.

"Ini tidak bisa dibiarkan. Jalan usaha tani harus diadakan di sini, untuk meringankan beban petani, termasuk masyarakat sekitar. Insya Allah akan kita perjuangkan di DPRD Sumbar. Jalan usaha tani bagi masyarakat di sini adalah kebutuhan. Sekarang sedang dilakukan pengerjaannya. Mudah-mudahan segera tuntas sehingga dapat dimanfaatkan,"terang politisi PAN ini.

Kedatangan Muhayatul yang juga mantan Ketua Pemuda Muhammadiyah Sumbar ini di sana, disambut hangat dan ucapan terimakasih tokoh masyarakat dan keltan Lumpo. Bahkan Muhayatul bersama rombongan disambut penuh semangat oleh warga.

Menjelang pertemuan di kantor Walinagari, beberapa tokoh masyarakat ikut mendampingi Muhayatul saat meninjau pengerjaan jalan usaha tani. Diskusi ringan juga mengalir di antara politisi prorakyat itu dengan tokoh masyarakat setempat.

Inilah jalan  usata tani yang sedang dikerjakan itu. (ist)

Usai kunjungan lapangan, Muhayatul dan rombongan berkumpul di kantor walinagari sekaligus silaturrahmi dan sosialisasi tentang jalan usaha tani. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait teknis dan pemanfaatkan jalan usaha tani.

"Alhamdulillah program ini merupakan bentuk aksi nyata, kami sebagai perwakilan masyarakat di DPRD Sumbar dan secara bertahap akan kami tunaikan tugas atas amanah yang diberikan masyarakat Lumpo berupa bantuan jalan usaha tani," sebut Muhayatul.

Sekretaris DPW PAN Sumbar ini berharap masyarakat dengan adanya jalan usaha tani ini dapat meringankan Mobilitas Petani dan mengurangi Cost yang cukup besar untuk mengangkut hasil pertanian sebelumnya sehingga akan meningkatkan produktivitas usaha tani di nagari Lumpo. (***)






Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved