arrow_upward

Anggota Komisi II DPR Minta KASN Usut Pejabat Kementan Foto Berseragam Konstranas NasDem

Rabu, 17 November 2021 : 20.09

 

Drs. H. Guspardi Gaus, M.Si.

Jakarta, Analisakini.id-Anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus mengkritik pejabat eselon satu Kementerian Pertanian (Kementan) yang berfoto mengenakan seragam Kostranas NasDem. Guspardi meminta Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) bergerak mengusut kasus tersebut. 

"KASN  harus memanggil  ASN  untuk meminta keterangan dan klarifikasi tentang adanya indikasi atau tuduhan kepada pejabat eselon I  di Kementan itu," kata Guspardi kepada wartawan, Rabu  (17/11/2021). 

Sebagai anggota Komisi II, Guspardi sangat menyayangkan tindakan pejabat ASN eselon I Kementan yang memakai loreng seragam Kostranas Partai NasDem itu. Sebab bagaimanapun di dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014, ASN itu harus netral, tidak boleh berafiliasi ataupun jadi anggota partai politik. 

"Kalau dia ingin jadi anggota partai politik silakan mundur jadi anggota pegawai negeri," ujar politisi PAN ini. 

Legislator asal Sumatera Barat itu menambahkan, ASN yang bersangkutan merupakan pejabat eselon I di kementerian. Menurutnya, pejabat ASN seharusnya mampu menjadi teladan dengan bersikap netral tanpa terafiliasi dengan partai politik. 

Oleh karena sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memiliki kode etik, mereka mesti  menjaga integritasnya sebagai ASN sebaik-baiknya. Apalagi yang diindikasikan itu adalah eselon I. 

"Harusnya memberikan contoh kepada para ASN level bawah. Bagaimana dia bisa netral, yang di atas saja bersikap seperti itu,"pungkas anggota Baleg DPR RI tersebut. 

Sebelumnya, sebuah foto menampilkan sejumlah pejabat Eselon I Kementan mengenakan seragam Kostranas Partai NasDem saat berfoto dengan Paloh dan Mentan yang juga merupakan kader NasDem, Syahrul Yasin Limpo, di acara HUT ke-10 NasDem. 

Di antara para pejabat ini ada Sekretaris Jenderal Kementan Kasdi Subagyono, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi, Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto, dan beberapa pejabat lainnya. (***)



Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved