arrow_upward

Unitas Padang Siap Bersaing Lahirkan Enterpreneurship Sumbar

Jumat, 22 Oktober 2021 : 22.38

 

Ketua Umum Perhimpunan Keluarga Besar Taman Siswa (PKBTS) Pusat Ki Dr. Drh. H.M Munawaroh, MM terima penghargaan usai berikan materi kewirausahaan di hadapan mahasiswa Unitas. (ist)

Padang, Analisakini.id - Wirausaha bisa dipelajari oleh siapapun yang akan melangkahkan kaki sebagai seorang wirausaha. 

Hal ini diungkap Ketua Umum Perhimpunan Keluarga Besar Taman Siswa (PKBTS) Pusat Ki Dr. Drh. H.M Munawaroh, MM dalam kuliah umum  Seminar dan Workshop " Manajeme Digital Entrepreneurship" di kampus hijau Universitas Taman Siswa (Unitas) Padang, Jumat (22/10/2021). 

Ki Munawaroh jelaskan, memanfaatkan kemajuan teknologi informasi (era digital) diharapkan setiap tamatan Taman Siswa mesti mempersiapkan diri untuk menjadi entrepreneurship karena peluang untuk berhasil itu amat besar bagi sosok yang benar-benar berjuang hidup.

"Bagaimana perkembangan dunia usaha berinovasi tiada henti dengan kemajuan teknologi saat ini. Dunia usaha menjanjikan sebuah kesejahteraan dan kemajuan dalam berusaha untuk sukses dan berhasil," ujarnya. 

Munawaroh juga katakan menjadi seorang usahawan harus berani tidak boleh mundur dan harus maju dengan cara pahami kebutuhan pasar dan hal-hal yang menjadi perhatian kebutuhan konsumen.

"Membangun sebuah usaha mestilah memahami cara menyusun marketing plan, memahami cara membuat cara penjualan. Memahami cara membuat harga produk, memahami cara mengelola SDM dan memanfaatkan cara promosi dengan kemajuan tehnologi informasi secara online," katanya.

Ia juga menambahkan pengetahuan lain juga bisa didapat melalui seminar - seminar, pelatihan Custumer Relationship managemen (CRM) dengan prinsip-prinsip, loyal, advocate, self promosi. 

"Memperoleh seorang pelanggan yang loyal dan bisa mengenal lebih jauh akan menjadi keuntungan tersendiri sebagai pebisnis. Banyak hal yang bisa dilakukan jika anda mampu memahami keinginan dan kebutuhan pelanggan. Dan anda bisa menawarkan berbagai macam produk sebagai solusi,"ungkapnya berapi-api. 

Rektor Unitas Ki Sepris Yonaldi, SE., MM dalam kesempatan itu menyampaikan, kuliah umum ini bertujuan untuk meningkatkan jiwa entreprenuer bagi kalangan mahasiswa, khususnya mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Unitas Padang. Hal ini sesuai dengan visi universitas menjadi kampus entreprenuer. 

"Dengan kondisi saat ini terjadi dimasa pandemi, dimana pemerintah membatasi mobilitas masyarakat, maka perlu langkah inovasi yang harus dilakukan oleh perusahaan, usahawan dalam penjualan dilakukan secara digital merupakan sebuah keharusan untuk memenuhi kebutuhan konsumen," katanya.

Rektor Unitas tegaskan di era digital enterpreneur dalam mengembangkan dunia wira usaha di kalangan milenial.

"Kita memang punya visi dan misi yang sama dengan tema kuliah umum hari ini. Unitas punya visi dan misi 2024 menjadikan Unitas enterpreneur university Asean enterpreneur. Tamatan Tamansiswa harus siap bersaing dengan PTN dan PTS dalam merespon perubahan ( technologii digital)," serunya.(***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved