arrow_upward

Sumbar Resmi Jadi Pusat Penanggulangan Bencana Regional Sumatera

Senin, 11 Oktober 2021 : 15.54

 

Wagub Sumbar Audy Joinaldy saat memberikan bantuan kepada korban banjir di Padang. (ist)

Padang, Analisakini.id- Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) resmi menjadi pusat penanggulangan bencana untuk wilayah Sumatera. Setiap kebencanaan wilayah Sumatera penanggulangannya terpusat di Sumbar.

Hal itu disampaikan oleh Wagub Sumbar Audy Joinaldy usai membuka pelatihan perencanaan kontingensi Angkatan VIII bagi Perangkat Daerah Penanggulangan Bencana di Sumbar, Senin (11/10/2021) di Padang.

Menurut Wagub, UPT Balai Besar Logistik dan Peralatan BNPB yang di Bandar Buat, Padang itu dijadikan Pusdalog Regional, pusat pendidikan dan pelatihan kebencanaan, atau lainnya untuk memperkuat SDM.

Dengan adanya Balai Besar Logistik dan Peralatan Regional ini, nantinya kesiapan SDM penanggulangan bencana di wilayah Sumatera akan lebih memadai dan profesional. Selain itu mempersingkat jarak ketika terjadinya bencana di wilayah Sumatera.

"Sestama BNPB, Lilik Kurniawan saat ketemu di Papua, mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Sumbar yang sudah menyediakan tanah dan lokasi untuk dijadikan sebagai Pusdalops Regional ini. Bahkan kami tawari, jika masih butuh areal lagi, Pemprov Sumbar siap mengakomodirnya," kata Wagub dan dibenarkan oleh Kalaksa BPBD Sumbar Erman Rahman.

Dalam kesempatan itu Wagub juga menyebutkan pelatihan yang diadakan itu dalam rangka penguatan kapasitas perangkat daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota dan stakeholder terkait lainnya dalam penanganan bencana. Apalagi Sumbar berada di daerah rawan bencana yang menuntut semua pihak harus tanggap dan memahami karakteristik bencana secara utuh.

"Secara SDM, kita cukup baik. Tapi harus terus ditingkatkan dan mesti menjangkau semua lini. Dan ini juga secara kontinyu digencarkan. Gol akhirnya, bencana memang tidak bisa dihindari, tapi upaya kita semua adalah bagaimana meminimalisir risiko bencana,"kata Wagub. (***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved