arrow_upward

Mantap, Unidha-Aprindo Teken MoU Magang Bersertifikat dan Merdeka Belajar

Minggu, 24 Oktober 2021 : 15.56
Rektor Unidha, Prof. Dr. Apt. Deddi Prima Putra dan Ketua DPD Aprindo Sumatera Barat, Rinaldi, S.Si, MM menandatangani MoU dan Kerjasama program magang bersertifikat dan MBKM. (dok)

Padang, Analisakini.id– Universitas Dharma Andalas (Unidha) dan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) teken Memorandum of Understanding (MoU) Magang Bersertifikat dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Sabtu (23/10/2021).

MoU diteken oleh Rektor Unidha, Prof. Dr. Apt. Deddi Prima Putra dan Ketua DPD Aprindo Sumatera Barat, Rinaldi, S.Si, MM yang juga Waketum DPP IKA Unand.

Program MBKM yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dimana mahasiswa diberikan hak untuk mengambil beban studi sebanyak 20 SKS di luar kampus.  Setelah itu, Unidha akan bersinergi dan berkolaborasi dengan Aprindo sebagai Dudi.

Rektor Unidha mengapresiasinya  Aprindo yang bersedia berkolaborasi dengan Unidha. Prof. Deddi berharap kerjasama ini bisa memberikan angin segar bagi semua. Terutama peran Aprindo selama ini dalam berbagai upaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

“Kerja sama dengan Dudi khususnya Aprindo bisa dikolabarasikan terutama dalam menyiapkan anak didik, sebab ke depan mahasiswa atau lulusan harus memiliki kompetensi,” ungkap Pasof. Diddi.

Selain memiliki kompetensi, lulusan juga diharapkan mampu membuka lapangan usaha sendiri. Maka dari itu, sebelum mereka tamat ada pembelajaran-pembelajaran yang diberikan kepada mahasiswa, selain di dalam kelas, juga di luar kelas seperti program magang. Sehingga mereka nantinya punya modal dan bekal untuk bisa membuka lapangan usaha sendiri.

“Mahasiswa juga dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi,” sambungnya.

Sementara itu, Rinaldi menyebutkan Universitas Dharma Andalas menjadi perguruan tinggi keempat yang menjalin kerja sama dengan Aprindo, dan ini akan menjadi loko untuk program Dudi.

“Program kolaborasi ini dapat terus dikembangkan terutama dalam hal yang menjadi bagian program magang, dan nanti juga diberikan sertifikat kompetensi yang diterbitkan LSP Retail,” ujarnya.

Bagi Aprindo Sumbar, lanjut Rinaldi, MoU dengan Unidha ini juga bagian dari rangkaian Hari Ritel Nasional ke -2 yang merupakan bukti nyata peran Aprindo dalam upaya memajukan dunia Pendidikan Khususnya Perguruan Tinggi.

Di dalam dunia usaha, tambahnya tentu berharap ada kolaborasi dalam bidang penelitan dan pengabdian, seperti diketahui pemerintah ketika melakukan terobosan dan menyusun regulasi selalu melibatkan akademisi selain pelaku usaha dan pemerintah sebagai regulator.

Program ini di sambut baik Oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unidha DR. Emrisal, SE, MM. Ia  merespon positif dengan menyatakan akan segera mengirim mahasiswanya untuk magang di ritel-ritel di bawah DPD Aprindo Sumbar.

Selain dengan Aprindo, pada waktu yang sama Unidha juga menandatangani MOU dengan Mitra Industri yang lain seperti Bank Bukopin Syariah, CV. Rahmadita Abadi, CV. Era mandiri dan beberapa KSPS di Kota Padang di bawah binaan Koperasi dan UMKM Padang.(***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved