arrow_upward

Guspardi Gaus : Jadikan Momen Maulid Nabi Teladani Keutamaan Sifat Rasulullah

Rabu, 27 Oktober 2021 : 17.45

Drs. H. Guspardi Gaus, M.Si

Jakarta, Analisakini.id-Anggota DPR dari Fraksi PAN Guspardi Gaus mengingatkan peringatan maulid nabi bukan sekadar seremonial, tapi meneladani perilaku dan mengaplikasikan perbuatan Nabi Muhammad dalam semua aspek kehidupan dan aktualisasi diri.

Menurutnya, jangan hanya sekadar tahu, nabi dilahirkan pada pada 12 Rabiul Awal tahun Gajah, lahir dari ibu bernama Aminah dan Bapaknya Abdullaah mempunyai kakek bernama Abdul muthalib dan seterusnya. 

"Yang terpenting adalah keberadaan Rasul sebagai Uswatun Hasanah. Bagaimana karakter Baginda Rasul di jadikan pedoman dalam semua dimensi kehidupan, " ujar politis PAN ini saat memberikan taushiah dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW di Mesjid Raya Lubuk Basung, beberapa hari lalu. 

Sosok Baginda Rasul merupakan pribadi yang istimewa dengan kemuliaan akhlak serta mempunyai sifat keutamaan yang harus di teladanai. Yakni  Anamah, Siddiq, Tabliq dan Fathanah. Nabi Muhammad SAW amat dikagumi  karena sifatnya, bahkan  kaum Quraisy memberinya gelar "Al Amiin" (orang yang dipercaya) karena sifat jujur dan lurus (amanah) beliau. Sifat jujur dan amanah ini sangat penting digelorakan dan dipraktikan dalam kehidupan.

Legislator asal Sumatera Barat itu mengajak umat muslim harus dapat memperbaharui niat, komitmen dan tekad untuk meneladani dan mengamalkan sifat keutamaan nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari. Nabi Muhammad SAW adalah sosok utama dari praktik luhur ajaran akhlak mulia  dan penebar rahmat bagi semesta alam. Oleh karena itu, melalui peringatan Maulidul Rasul ini, harus dapat dijadikan momen untuk muhasabah diri. 

Disebutkan, sejauh mana kita sudah meneladani sifat dan keutamaan akhlak Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya sekadar ikhtiar saja untuk meneladani Nabi sebagai Uswatun Hasanah, lebih dari itu  kita harus 'beriijtihad' atau bersungguh-sungguh mengaktualisasikannya dalam praktik di semua aspek kehidupan.

"Sebagai umat Islam dan pengikut ajaran nabi Muhammad SAW,  kita akan sangat beruntung jika dapat meniru, mengamalkan serta  merefleksikan keutamaan sifat nabi  dalam semua sendi dan dimensi kehidupan,"pungkas anggota Baleg DPR tersebut. (***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved