arrow_upward

Alumni SMA 1 Prakasai Vaksinasi untuk Siswa, Ini Kata Ketua IDI Padang

Senin, 18 Oktober 2021 : 19.49

 

Petugas memberikan vaksin kepada Siswa SMAN 1 Padang pada Senin (18/10) yang diprakarsai oleh Alumni SMAN 1 Padang bekerja sama dengan Dinkes Provinsi Sumatera Barat dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Padang.(ist)

Padang, Analisakini.id-Alumni SMAN 1 Padang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Sumatera Barat dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Padang melakukan vaksinasi masal kepada lebih 490 siswa, guru, orang tua dan warga sekitar pada Senin (18/10/2021) sebagai bentuk menyukseskan program Pemerintah dalam mencapai Herd Immunity.

Kegiatan ini juga sebagai dukungan dalam capaian vaksinasi kepada 70 persen warga di Padang dalam meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah penyebaran Covid-19, dengan cara memberikan vaksin.

Perwakilan alumni SMAN 1 Padang yang juga ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Padang, dr. Muhammad Riendra Sp. BTKV menjelaskan, kegiatan ini sebagai langkah mendukung program pemerintah dalam menyukseskan vaksinasi menuju Herd immunity, sehingga nantinya daya tahan tubuh mampu menangkal Covid-19.

"Melalui rilis Pemerintah pusat beberapa waktu lalu, Padang berada di angka 48 persen tingkat pelaksanaan vaksinasinya sehingga diterapkan PPKM level 4, dan baru baru ini mulai turun menuju PPKM level 2, sembari menunggu rilis resmi dari pemerintah nantinya vaksinasi gencar dilaksanakan," ungkap Riendra yang juga Ketua Harian DPP IKA Unand, Senin (18/10/2021).

Vaksinasi terus dilakukan yang saat ini diprioritaskan kepada anak dan remaja sehingga nantinya segera dilaksanakan proses belajar mengajar off line atau tatap muka, sebagaimana proses belajar online cukup lama diterapkan di sekolah-sekolah.

Sebelumnya, animo masyarakat melakukan vaksin cukup rendah karena banyaknya informasi hoax beredar di media sosial. Sekaitan dengan hal itu, Satgas Covid-19 turun ke lapangan memberikan edukasi langsung kepada masyarakat agar melakukan vaksinasi guna mencegah penyebaran Covid-19. 

Muhammad Riendra juga menuturkan, guna mencapai 70 persen warga yang di vaksinasi, pemerintah sedikit menekankan, vaksinasi mulai menjadi kebutuhan pokok dalam persyaratan penerbangan, masuk mall, hingga belajar tatap muka di Sekolah sehingga nantinya penyebaran Covid-19 bisa teratasi.

Kepala SMAN 1 Padang, Nukman menuturkan, kegiatan vaksinasi kedua kalinya ini diikuti oleh lebih 490 siswa dari 1072 siswa melalui pendaftaran secara daring dan langsung. Begitu juga para guru, orang tua atau walimurid hingga warga sekitar guna meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga mampu mencegah penyebaran Covid-19.

"Sedangkan siswa yang lainnya sudah banyak yang melaksanakan vaksinasi yang digelar di sekitar tempat tinggal mereka, dan untuk proses belajar tatap muka siswa, SMAN 1 Padang saat ini masih menunggu keputusan Pemerintah, dan berharap kedepannya usai vaksinasi proses belajar kembali normal," ujarnya. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved