arrow_upward

Sekjen Partai Golkar Lodewijk Resmi Dilantik sebagai Wakil Ketua DPR RI

Kamis, 30 September 2021 : 21.09

 

Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk F Paulus resmi dilantik sebagai Wakil Ketua DPR RI  (ist)


Jakarta, Analisakini.id-Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk F Paulus resmi dilantik sebagai Wakil Ketua DPR RI pada Kamis (30/9/2021).

Dilansir Kompas.com, Lodewijk kini menjabat Wakil Ketua DPR Bidang Politik dan Keamanan.

Sebelumnya posisi tersebut dipegang oleh Azis Syamsuddin yang kemudian mundur setelah tersandung kasus suap.

Adapun pelantikan Lodewijk ditandai dengan pengucapan sumpah jabatan yang dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung M Syarifuddin.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945," kata Lodewijk.

Pengambilan sumpah jabatan itu disaksikan oleh empat pimpinan DPR lainnya, yaitu Ketua DPR Puan Maharani serta tiga wakil ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad, Muhaimin Iskandar, dan Rachmat Gobel.

Sebelum itu, Puan selaku pimpinan rapat paripurna juga meminta persetujuan anggota dewan untuk menetapkan Lodewikk sebagai wakil ketua DPR.

"Kami menanyakan kepada seluruh peserta sidang, apakah Saudara H Lodewijk F Paulus nomor anggota A281 dapat ditetapkan sebagai Wakil Letua DPR RI, apakah dapat disetujui?"

"Setuju," jawab peserta rapat diikuti ketukan palu oleh Puan.

Setelah resmi dilantik, Lodewijk berfoto bersama pimpinan DPR lainnya lalu duduk di meja pimpinan. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved