arrow_upward

Guspardi Gaus Dorong MUI Berperan Strategis untuk Kebangkitan Ekonomi Umat

Senin, 27 September 2021 : 17.00

 

Drs. H. Guspardi Gaus, M.Si

Agam, Analisakini.id-Anggota DPR dapil Sumatera Barat 2 Guspardi Gaus berharap agar seluruh pengurus MUI tetap memegang teguh hal-hal yang menjadi visi-misi MUI dan terus bekerjasama dalam kekompakan meski terdiri dari berbagai latar belakang dari berbagai ormas Islam yang berbeda. 

"Begitu hebatnya ajaran Islam itu. Dimana Islam menganut prinsip keseimbangan yaitu sama-sama mementingkan kehidupan dunia dan akhirat begitu juga dalam dimensi Hablumminallah dengan  Hablumminannas," kata Guspardi, Senin (27/9/2021).

Hal ini, katanya, tercermin dari landasan rukun Islam yang digariskan. 

Dimulai dari Syahadat yang merupakan kesaksian landasan dan komitmen sebagai pengakuan setiap umat Islam bahwa tiada Tuhan selain Allah SWT dan Nabi Muhammad sebagai Rasulullah. 

Kemudian melaksanakan shalat, perintah untuk membayar zakat  dan melaksanakan puasa pada bulan ramadan sebagai pembelajaran kepada umat Islam agar bisa merasakan betapa pahit getirnya orang fakir miskin yang belum berkecekupan dalam menjalani hidup dan kehidupan. 

"Baru setelah itu perintah menunaikan ibadah haji bagi yang mampu," papar  politisi PAN ini.  

Hal itu disampaikannya saat memberikan sambutan dalam rangka pelantikan pengurus MUI Kecamatan IV Koto periode 2021-2025 di aula Kantor Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, beberapa hari lalu. 

Anggota Baleg DPR itu menambahkan Keberagaman para tokoh yang bernaung  dan berhimpun di dalam majelis Ulama Indonesia harus bisa dijadikan sebagai kekuatan untuk berperan aktif dan strategis guna melayani umat dan momentum untuk dijadikan sebagai kebangkitan ekonomi umat. 

"Untuk itu, saya mendorong agar MUI bisa menjadi motor perubahan "mind set" bagaimana organisasi MUI ini bisa membawa kemaslahatan  demi kesejahteraan dan kebangkitan ekonomi umat. Umat Islam harus kuat landasan ekonominya  supaya lebih mandiri dan mampu menentukan masa depannya. Sehingga sebagai umat muslim kita yang merancang menentukan dan menetapkan masa depan mau dibawa kemana umat ini tegas Guspardi yang akrab disapa Pak GG . 

Di sisi lain  MUI juga mesti mampu bekerjasama dengan pemerintah sebagai mitra strategis. MUI diharapkan dapat menyumbang pemikiran dan langkah konstruktif dalam rangka mendukung pembangunan nasional untuk mensejahterakan rakyat sejauh tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved