arrow_upward

Pertama dalam Sejarah; Gubernur, 2 Anak Gubernur dan 5 Cucu Gubernur Sumbar Kuliah di FPUA

Rabu, 15 September 2021 : 17.40

Padang, Analisakini.id-Senin (13/9/2021) adalah puncak peringatan Dies Natalis Universitas Andalas (Unand) ke-65. Unand diresmikan pada 13 September 1956 dan diawal itu baru ada empat fakultas, Hukum, Pertanian, Kedokteran dan MIPA.

Dalam perjalanan Unand hingga ini, khususnya Fakultas Pertanian Universitas Andalas (FPUA) sejarah baru terukir di ini. Bahkan bisa menjadi pertama kalinya terjadi di level fakultas di republik ini. 

Apa itu? Ternyata Gubernur Sumbar, anak Gubernur Sumbar hingga cucu Gubernur Sumbar, menamatkan studinya di FPUA. Kok bisa ya? Ya, bisalah. Itulah faktanya dan tidak diduga sama sekali.

Siapa Gubernur Sumbar yang kuliah sekaligus menamatkan studinya di kampus hijau tersebut? Adalah Mahyeldi, Gubernur Sumbar saat ini. Mahyeldi masuk FPUA pada tahun 1986. 

Sebelum resmi dilantik menjadi Gubernur Sumbar pada 25 Februari 2021 oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Mahyeldi adalah Walikota Padang untuk jabatan kedua kalinya setelah menang Pilwako Padang pada 27 Juni 2018.

Karir politik Mahyeldi yang aktif di kegiatan Islamic Center saat kuliah, diawali dengan jabatan Wakil Ketua DPRD Sumbar pada 28 Agustus 2004, hasil Pileg April 2004. Karirnya naik menjadi Wakil Walikota Padang mendampingi Walikota Fauzi Bahar pada 2009 dan pada 2014 menjadi Walikota bersama Wawako Emzalmi. 

Mahyeldi juga dipercaya memimpin alumni Fakultas Pertanian Unand yang bernaung dibawah organisasi IKA FPUA sejak 2014 sampai sekarang.

Kalau anak Gubernur Sumbar siapa yang kuliah di FPUA? Ada dua orang ternyata. Pertama adalah Weno Aulia Durin, anak Gubernur Hasan Basri Durin periode 1987-1997. Weno masuk FPUA pada 1983, saat ayahnya masih menjabat Walikota Padang.

Dan saat masih menuntut ilmu di FPUA, ayahnya Hasan Basri Durin terpilih menjadi Gubernur Sumbar pada 1987. Bahkan saat masuk ke kampus hijau itu, tidak disangka-sangka, seangkatan pula dengan anak Bupati Padang Pariaman Anas Malik, Indra Doni Anas Malik dan anak wartawan Kompas Marthias Pandu, Zola Pandu.

Weno Aulia berprofesi sebagai pengusaha dan bergerak di berbagai bidang dan pada periode 2010-2014 dipercaya menjadi Ketum DPP IKA FPUA.

Anak gubernur kedua yang juga kuliah dan menamatkan studi di FPUA adalah anak Gubernur Zainal Bakar. Dia adalah Boy Richarson yang kini berkarir di Bank Nagari.

Sebetulnya Boy masuk FPUA dengan BP 91 (pindah dari Unpad) dan menamatkan studinya pada 1999, ayahnya belum menjadi Gubernur. Ayahnya, Zainal Bakar masih menjabat sebagai Sekdaprov Sumbar.

Gubernur sudah, anak Gubernur juga sudah bahkan dua orang lagi. Sekarang cucu Gubernur yang kuliah di FPUA, siapa?  Tak tanggung-tanggung, ada lima orang cucu Kaharuddin Dt. Rangkayo Basa yang kuliah di FPUA.

Pertama,  Bambang Jaya, anak bungsu dari anak tertua Kaharuddin Dt. Rangkayo Basa, Mariati Kahar. Bambang, pensiunan Kementerian Pertanian RI masuk FPUA pada 1978 seangkatan dengan Musliar Kasim (mantan Wamendiknas era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono). 

Kedua, Rini Jandriati, anak kedua dari anak keempat Kaharuddin Dt. Rangkayo Basa, Reno Gadis. Rini masuk FPUA bersamaan dengan Bambang Jaya, tahun 1978. Tak heran saat itu, FPUA terkenal, karena dua cucu Gubernur Sumbar pertama Kaharuddin Dt. Rangkayo Basa, memilih kuliah di kampus hijau, FPUA.

Cucu ketiga Kaharuddin Dt. Rangkayo Basa yang kuliah di FPUA adalah Lusi Meira, adik kandung Rini Jandriati. Lusi masuk FPUA pada 1982. 

Sedangkan cucu keempat Kaharuddin Dt. Rangkayo Baso yang menyusul saudara-saudaranya kuliah di FPUA adalah Tri Multini , anak ketiga Johari Kahar. Johari Kahar sendiri adalah anak ketiga dari lima bersaudara pasangan Kaharuddin Dt. Rangkayo Basa dan Mariah. Tri masuk FPUA pada 1983 seangkatan dengan Weno Aulia Durin (anak Gubernur Hasan Basri Durin).

Cucu kelima Kaharuddin Dt. Rangkayo Basa yang juga menuntut ilmu di FPUA adalah Fidri Alnardy. anak bungsu Johari Kahar. Fidri masuk FPUA pada 1985 menyusul kakak kandungnya Tri Multii. Fidri adalah seorang profesional perbankan yang kini diamanahkan menjadi Direktur Utama Bank DKI.

Baru-baru ini Sumbar berduka atas meninggalnya Johari Kahar pada Minggu (12/9/2021). Johari adalah tokoh politik Sumbar sekaligus tokoh pendidik Sumbar.

Fidri sendiri masuk FPUA pada 1985, saat sang ayah Johari Kahar menjabat Ketua DPRD Sumbar pada periode kedua (1982-1985). Jadi Fidri masuk FPUA sudah berstatus sebagai cucu Gubernur.

Tak heran sebelum era reformasi, FPUA menjadi kampus idola di Unand selain Fakultas Kedokteran tentunya. Di kampus hijau  (julukan kampus FPUA) banyak anak pejabat kuliah di sana. Anak Walikota Payakumbuh Muchtiar Muchtar, Yunzilwifitri (masuk FPUA tahun 1991), anak Walikota Pariaman Adlis Legan, Elvitra Dessy (masuk FPUA tahun 1991). 

Yang jadi pejabat, mulai bupati, walikota, anggota DPR hingga anggota DPRD dan lainnya, juga sambuah. Siapa saja? (bersambung/Effendi)


Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved