arrow_upward

14 Ribu Warga Divaksin, Padang akan Lepas PPKM Level 4

Selasa, 21 September 2021 : 20.02

 

Feri Mulyani.

Padang, Analisakini.id-Untuk dapat keluar dari status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, capaian vaksinasi di Padang harus mencapai 37 persen dari target vaksinasi nasional, sedangkan saat ini baru tercapai 35,11 persen. 

"Artinya sekitar 2 persen lagi target capaian vaksin harus terpenuhi," kata Kepala Dinas Kesehatan Padang Feri Mulyani, Selasa (21/9/2021).

Dia menjelaskan, saat ini warga Kota Padang yang sudah divaksin berjumlah 255.096  jiwa atau sekitar 35,11 persen, dari jumlah target 726.000 jiwa. Sementara secara nasional dibutuhkan 37 persen vaksinasi agar keluar dari PPKM Level 4. 

"Jadi kita mengharapkan kesediaan 2 persen lagi atau sekitar 14 ribu orang lagi untuk divaksin sehingga kita dapat keluar dari PPKM Level 4 ini. Di samping itu juga butuh data lengkap tracing yang dilakukan oleh Babinsa babinkamtibmas," jelasnya.

Feri menambahkan,  berdasarkan assesment kesehatan yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Padang sudah berada pada Level 3. Indikator penilaian yang dilakukan seperti halnya positif rate kurang 1 persen. 

"Saat ini juga angka kesembuhan pasien Covid-19 di Padang sudah mencapai 97 persen. Sisa kasus positif saat ini 350 orang dari jumlah yang terpapar sebelumnya 41 ribu orang. Beberapa tempat karantina dan rumah sakit juga sudah kosong," ungkapnya.

Sementara itu, Walikota Padang melalui juru bicaranya Amrizal Rengganis, Selasa (20/9) mengatakan, untuk mencapai target vaksinasi secara nasional, Pemerintah Kota Padang akan mengeluarkan surat edaran untuk mewajibkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemko Padang untuk mengikuti vaksin.

"Kita juga akan membuat surat edaran untuk lembaga pendidikan dan mewajibkan untuk vaksin. Khusus untuk anak murid SMP dan SD, kita hanya mengizinkan sekolah tatap muka bagi murid yang sudah divaksin," terang Amrizal Rengganis.

Lebih lanjut Amrizal menerangkan, Walikota Padang bersama pimpinan SKPD terkait juga akan mengadakan rapat menindaklanjuti perkembangan PPKM Level IV, dan berusaha mencarikan solusi supaya Padang bisa keluar dari PPKM Level 4 ini.

"Walikota lakukan rapat evaluasi pencapaian vaksinasi Covid-19. Kita akan lihat berapa jumlah warga Kota Padang yang divaksin baik dari kalangan ASN Pemko Padang sendiri, guru dan pelajar. Sehingga kita bisa carikan solusi agar target vaksinasi dapat tercapai," pungkasnya. (***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved