arrow_upward

Warga Gorontalo, Sumbar dan Malut Paling Tak Patuh Bermasker

Rabu, 04 Agustus 2021 : 16.45
dok. istimewa.

Jakarta, Analisakini.id - Satgas Penanganan COVID-19 mengungkap data kepatuhan warga dalam menggunakan masker dan menjaga jarak berdasarkan desa dan kelurahan. Satgas menyebut Gorontalo menjadi daerah yang memiliki kelurahan dan desa yang paling banyak tidak patuh menjalankan protokol kesehatan ini.

Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas COVID-19 Dewi Nur Aisyah mengatakan 70,24 persen kelurahan dan desa di Gorontalo memiliki kepatuhan dalam menggunakan masker di bawah 75 persen. Artinya, Gorontalo menempati posisi pertama yang tidak patuh pakai masker.

"Jadi tiga provinsi dengan kepatuhan memakai masker rendah adalah Gorontalo, Sumatera Barat, Maluku Utara. Sedangkan untuk jaga jarak, ini mirip, cuma bedanya Maluku Utara naik jadi peringkat kedua, Sumatera Barat jadi peringkat ketiga," kata Dewi dalam siaran YouTube BNPB, Rabu (4/8/2021).

Berikut 3 provinsi dengan kepatuhan terendah pakai masker:

1. 70,24 % kelurahan dan desa di Gorontalo,

2. 59% kelurahan dan desa di Sumatera Barat

3. 53,33% kelurahan dan desa di Maluku Utara

Berikut 3 provinsi dengan kepatuhan terendah jaga jarak:

1. 71,43 kelurahan dan desa di Gorontalo

2. 60% kelurahan dan desa di Maluku Utara

3. 56,32% kelurahan dan desa di Sumatera Barat

Dewi mengatakan ada sembilan provinsi yang mengalami penurunan kepatuhan dalam menggunakan masker. Sementara itu, perluasan desa dan kelurahan yang tak patuh menjaga jarak sebanyak delapan provinsi.

"Kalau kita evaluasi, beda pekan ini dan pekan sebelumnya ada sembilan provinsi dengan perluasan wilayah dengan kepatuhan yang rendah. Bertambah ini sembilan provinsi. Sedangkan untuk jaga jarak nambah delapan provinsi perluasan kelurahan atau desa yang bertambah ketidakpatuhannya," jelas Dewi seperti dikutip dari detik.com.

Jika dilihat berdasarkan pulau, Dewi menyebut Pulau Sulawesi menjadi provinsi yang paling tidak patuh dalam penerapan protokol kesehatan. Lalu diikuti oleh Maluku dan Papua.

"Secara per pulau, ternyata gambarannya dengan pekan lalu masih sama, di mana Pulau Sulawesi kepatuhannya paling rendah. Dengan tadi masih ada sekitar 48 persen kelurahan dan desa di sana yang kepatuhan memakai maskernya rendah, 45,78 persen kelurahan/desa di sana yang kepatuhan jaga jaraknya rendah. Terus peringkat kedua sama Pulau Maluku dan Papua." tutur dia. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved