arrow_upward

Resmi Dibuka Gubernur, Festival Bahari Rabab Pasisia Momentum Angkat Budaya Lokal

Minggu, 08 Agustus 2021 : 16.43
Gubernur Sumbar Mahyeldi, Anggota DPRD Sumbar Muhayatul, Wabup Pessel Rudi Hariansyah dan pejabat lainya membunyikan alat musik biola saat pembukaan festival bahari rabab Pasisia, Sabtu (7/8). (ist)

Mandeh, Analisakini.id-Festival Bahari Rabab Pasisia di Amphitheater Sungai Nyalo, di Kawasan Wisata Mandeh, Kecamatan Koto Tarusan, Pesisir Selatan, Sabtu (7/8/2021) resmi dibuka Gubernur Sumbar, Mahyeldi.

Pembukaan Festival Bahari Rabab Pasisia ditandai dengan membunyikan alat musik biola Gubernur Sumbar, Mahyeldi, Wakil Bupati Pessel, Rudi Hariansyah, dan Anggota DPRD Sumbar, Muhayatul.

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, menyampaikan apresiasi atas terselenggara iven Festival Bahari Pesisir Selatan Rabab Pasisia ini. 

"Kita patut bangga karena kesenian rabab ini merupakan salah satu kesenian khas Kabupaten Pesisir Selatan, dan tidak ada di tempat lain," kata Mahyeldi saat membuka kegiatan itu.

Lanjut Gubernur, di Pesisir Selatan banyak iven lain yang bisa digelar, terutama di Kawasan Wisata Terpadu Mandeh. Gubernur pun mencontohkan seperti pacu sampan dan lomba jet ski.

Dikatakan, khusus untuk pemenang Festival Bahari Rabab Pasisia ini akan diundang ke Istana Gubernur untukengisi acara provinsi. "Nanti akan kita undang untuk langsung untuk mengisi acara di Gubernuran," ujarnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Sumatera Barat, Muhayatul, menyebutkan tujuan digelar ivent Festival Bahari Rabab Pasisia, untuk mengembalikan memori masyarakat akan kesenian rabab yang sudah mulai hilang.

Muhayatul mengusulkan kepada Gubernur agar kesenian rabab dimasukkan sebagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolah mulai dari SD hingga SMA. "Tentu ini bagus dikenalkan kepada generasi muda agar kesenian ini tak punah, salah satunya dengan menjadikan ekstrakurikuler di sekolah," tuturnya.

Untuk diketahui, Festival Bahari Rabab Pasisia akan berlangsung dua hari, Sabtu - Minggu (7-8/8/2021). Kegiatan ini diikuti 20 orang perabab yang merupakan anggota Himpunan Seniman Babiola.

Kegiatan ini untuk mengingatkan masyarakat kembali dan lebih memasyarakatkan Rabab sebagai Kebudayaan Daerah.

Sementara itu, Wakil Bupati, Rudi Hariansyah, menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi dan teristimewa kepada Anggota DPRD Sumbar, Muhayatul yang telah mengalokasikan dana pokok pokok pikiran (Pokir) untuk kegiatan Festival Bahari Rabab Pasisia di Pesisir Selatan.

"Saya harap kolaborasi program antara Pemerintah Sumatera Barat dan Kabupaten Pesisir Selatan terus terjalin guna mendorong upaya membangkitkan geliat kepariwisataan dan perekonomian masyarakat," ujarnya.

Dikatakan Wabup, kegiatan festival semacam ini sangat efektif untuk menjadi sarana promosi pariwisata, terutama di saat pandemi Covid-19 yang tak kunjung berkesudahan ini.

"Mari kita viralkan kegiatan festival di media sosial sehingga dikenal oleh wisatawan dan investor," ajaknya. Kegiatan ini pun dapat diaksikan secara virtual melalui platform media sosial yaitu Instagram, Facebook, Zoom App dan Youtube.(***)


-


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved