arrow_upward

Jawab Polemik Mobil Dinas Barunya, Wagub Sumbar: Saya Pakai Mobil Pribadi 4 Bulan Tidak Diprotes

Kamis, 19 Agustus 2021 : 17.28
Wagub Sumbar Audy Joinaldy serahkan mobil dinas ke Satgas Covid-19 Sumbar. (adpim).

Padang, Analisakini.id-Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar, Audy Joinaldy menjawab kritikan terkait mobil dinas barunya yang digunakan saat ini.

Audy Joinaldy mengatakan, sejak awal dirinya menjabat sebagai Wagub Sumbar hanya menggunakan mobil pribadi merek Fortuner. Sekarang, dirinya menggunakan mobil dinas baru, karena ada pagu anggarannya. Yakni alokasi anggaran yang ditetapkan untuk mendanai belanja pemerintah.

Audy Joinaldy mengungkapkan, pagu anggarannya Rp3 miliar untuk mobil dinas gubernur dan wagub. Dengan nilai masing-masing mobil dinas  Rp1,5 miliar.

Namun, menurut Audy Joinaldy, dirinya bersama Gubernur Sumbar justru membeli mobil yang harganya di bawah pagu anggaran. “Memang sudah dianggarkan oleh pemerintahan sebelumnya. Nilainya Rp2 miliar untuk dua mobil. Benar itu. Harganya tidak ada yang diumpetin. Dari pertama saya menjabat sudah dianggarkan,” ungkap Audy Joinaldy.

Audy Joinaldy juga menegaskan, meski ada pagu anggaran untuk mobil dinas baru, namun, refocusing untuk penanganan Covid-19 tetap ada. “Anggaran untuk bantuan Covid-19 tetap ada, tidak ada yang berubah, untuk vaksin tetap ada berubah vaksin, atensi covid-19 tidak ada yang berubah,” terangnya.

“Dana yang dikurangin sudah dikurangin. Bahkan mobil dinas yang baru ini justru sudah dikurangin dari pagunya. Yakni dari Rp3 miliar, mobil dinas yang baru harga keduanya Rp2 miliar sekarang. Kan sudah dikurangi,” terangnya.

Audy Joinaldy justru mempertanyakan, kenapa saat dirinya memakai mobil pribadi selama empat hingga lima bulan tidak dibahas dan diprotes. “Tapi tidak dibahas kemarin saya memakai mobil pribadi empat bulan lima bulan. Tidak ada yang protes. Saya tidak minta apa- apa dari situ,” terangnya.

Audy Joinaldy menyebutkan dirinya memakai mobil pribadi selama empat sampai lima bulan, karena mobil dinas wagub sebelumnya sudah dijadikan mobil patwal. “Karena mobil dinas yang sebelumnya digunakan oleh Pak Nasrul Abit (NA) kecelakaan,” ungkap dia.

Sebelumnya diberitakan, dua mobil dinas baru digunakan Gubernur Sumbar, Mahyeldi dan Wagub, Audy Joinaldy.

Mahyeldi  menggunakan mobil dinas baru jenis SUV (Sport Utility Vehicle) atau Kendaraan Utilitas Sport merek Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4×4 bertransmisi otomatis. Mobil dinas tersebut bernomor polisi BA 1.

Tipe mobil dinas pria yang akrab di sapa Buya Mahyeldi ini, merupakan kombinasi dari dua tipe mobil, tipe penumpang dan off road. Seri Pajero Sport Dakar Ultimate 4×4 bertransmisi otomatis.

Informasi yang dilansir mitsubishi-motor.co.id menyebutkan, SUV tipe Dakar Ultimate 4×4 ini sudah dilengkapi mesin diesel 4N15 yang ramah lingkungan dengan transmisi otomatis 8-speed. Tenaga maksimalnya mencapai 181 PS pada 3.500 rpm dan torsi maksimal 430 Nm pada 2.500 rpm.

Mobil teranyar keluaran mitsubishi ini, dibanderol mulai dari harga Rp507,8 sampai Rp738,7 juta on the road di Jakarta.

Mobil dinas satunya lagi dengan nomor polisi BA 2, yakni SUV keluaran Hyundai Palisade. Mobil ini menarik perhatian, karena mereknya sangat jarang digunakan oleh pasangan kepala daerah. Mobil ini menjadi mobil dinas Wagub Sumbar, Audy Joinaldy.

Informasi yang dilansir hyundai.com menyebutkan, mobil ini hadir dengan berkapasitas tujuh penumpang. Dibekali dengan transmisi 8-Speed Automatic harganya dimulai dari (OTR Jakarta) Rp777 juta untuk tipe Prime, trim tengah Signature Rp888 juta, dan tipe tertinggi Signature AWD dibanderol Rp1,02 miliar.(***)




Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved