arrow_upward

Ini Pesan Gubernur Sumbar Mahyeldi kepada Hansastri Usai Dilantik Jadi Sekdaprov

Kamis, 12 Agustus 2021 : 17.32

Gubernur Sumbar, Mahyeldi melantik Hansastri menjadi Sekdaprov Sumbar. (biro adpim)

Padang, Analisakini.id- Hansastri, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) resmi menjabat Sekdaprov Sumbar terhitung, Kamis (12/8) usai dilantik Gubernur Mahyeldi atas nama Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Mahyeldi menekankan kepada Hansastri untuk menjaga keharmonisan dan sinkronisasi jajaran internal baik itu dengan DPRD maupun Forkopimda untuk mempercepat realisasi RPJMD 2021-2026.

“Tugas Sekda ke depan sangat berat untuk percepatan realisasi RPJMD 2021-2026 karena masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur hanya sampai 2024,” ujar Mahyeldi.

Disebutkan, sebagai satu-satunya pejabat eselon I dalam jajaran perintahan di daerah, Sekdaprov tidak hanya memimpin Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemprov Sumbar tetapi juga ASN seluruh Pemkab/kota di Sumbar.

“Oleh karena itu sinkronisasi juga penting untuk dilakukan dan dijaga. Dan, Sekdaprov juga harus bisa memberikan alarm pengingat bagi kepala daerah jika ada program dan kegiatan yang ternyata tidak sesuai dengan aturan,” tegasnya.

Hansastri merupakan putra Pasaman Barat kelahiran 13 Oktober 1964. Ia terpilih sebagai Sekdaprov setelah ditetapkan oleh Tim Penilai Akhir (TPA) yang diketuai Presiden RI.

Hansastri awalnya adalah ASN pada BPKP Sumbar dan pada tahun 2012 ditarik Gubernur Irwan Prayitno menjadi Staf Ahli Gubernur bidang Ekonomi dan Keuangan yang kosong setelah pejabat lama Zainuddin diangkat menjadi Kepala Dinas Pendapatan Daerah.

Pada 27 Desember 2016, Hansastri diangkat oleh Gubernur Irwan Prayitno menjadi Kepala Bappeda Sumbar menggantikan Afriadi Laudin yang meninggal dunia pada 9 Agustus 2016. Jabatan Kepala Bappeda Sumbar hingga kini masih tetap dipegang Hansastri meski gubernur Sumbar berganti dari Irwan Prayitno kepada Mahyeldi. 

Dalam pelantikan itu hadir juga Wagub Audy Joinaldy, Wakil Ketua DPRD Sumbar Suwirpen, Ketua tim pansel Sekdaprov yang juga sebagai saksi dalam pelantikan itu, Hamdani, Forkopimda Sumbar dan kepala OPD di lingkungan Pemprov Sumbar. (***)



Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved