arrow_upward

HUT Kota Padang ke-352, Asli Chaidir Bantu Rehab 100 Unit Rumah Warga Kurang Mampu

Minggu, 08 Agustus 2021 : 18.35

 

Salah satu rumah warga kurang mampu di Koto Tangah, Padang. (ist)

Padang, Analisakini.id-Momentum HUT Kota Padang ke-352 tidak saja diperingati secara seremonial belaka, tapi ada dalam bentuk pengabdian dan membantu warga kurang mampu. Anggota DPR H. Mhd Asli Chaidir dalam momen itu memberikan hadiah kepada warga Padang yang kurang mampu.

"Insya allah, kita sikapi dengan membantu warga kurang mampu dalam bentuk rehab berat rumah mereka yang tadinya tidak layak huni menjadi layak huni," kata Asli Chaidir, Minggu (8/8/2021) di Padang.

Asli mengungkapkan, di masa pandemi Covid-19 saat ini, semua pihak mesti mengambil peran. Kebersamaan dan saling berbagi, dibutuhkan saat ini. Jangan biarkan pemerintah berjalan sendiri. Suksesnya pembangunan berkat kebersamaan.

Makanya pemerintah mulai dari pusat hingga daerah, terus mengajak semua pihak untuk selalu bersama, gotong royong menyikapi bencana non alam seperti pandemi Covid-19 yang masih terjadi hingga kini agar bisa diatasi dan tentu berharap pula pandemi Covid-19 cepat berlalu.

Politisi PAN ini menyebutkan akibat pandemi Covid-19 telah merontokkan perekonomian masyarakat. Angka pengangguran bertambah, angka kemiskinan naik pula.

H. Mhd Asli Chaidir.

"Alhamdulillah, di HUT Kota Padang ke-352 ini, kita akan membantu warga Padang yang kurang mampu untuk rehab rumah yang mereka tempati. Kita akui pemerintah terus berupaya, di tengah anggaran terbatas sehingga masih ada warga yang menempati rumah tidak layak huni," sebutnya.

Asli menyebutkan adapun bantuan rehab rumah  itu dialokakasikan untuk 100 unit rumah warga kurang mampu. Rehab berat rumah warga kurang mampu tersebut per unitnya dialokasikan Rp20 juta.

Mantan Ketua DPW PAN Sumbar dua periode ini mengatakan rehab rumah untuk warga kurang mampu tersebut, diperjuangkannya di Komisi VIII DPR, yang salah satu mitra kerjanya adalah Kementerian Sosial. Asli sendiri diamanahkan partainya duduk di Komisi VIII. Keanggotaan DPR periode 2014-2019, Asli juga dipercaya partai duduk di Komisi VIII.

Hasil perjuangan itu membuahkan hasil. Asli sukses mengalokasikan dana rehab rumah warga kurang mampu sebanyak 100 unit di Kementerian Sosial lewat Program Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS-Rutilahu) 2021.

Program RS-Rutilahu adalah salah satu kegiatan penanganan fakir miskin yang diselenggarakan Kementerian Sosial dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas tempat tinggal fakir miskin melalui perbaikan/rehabilitasi kondisi rumah tidak layak huni dengan prioritas atap, lantai, dan dinding serta fasilitas MCK. 

RS-Rutilahu beranggotakan paling sedikit 5 (lima) dan paling banyak 15 (lima belas) Kepala keluarga untuk satu kelompok masyarakat miskin yang tinggal berdekatan. RS-Rutilahu dilaksanakan dalam satu kelompok dengan semangat kebersamaan, kegotongroyongan, dan nilai kesetiakawanan sosial masyarakat.(***)

 

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved