arrow_upward

Breaking News! Tokoh Sumbar Mochtar Naim Meninggal Dunia

Minggu, 15 Agustus 2021 : 12.36
Mochtar Naim.

Padang, Analisakini.id-InnalilLahi wa-inna ilLaihi raji uun. Telah berpulang ke rahmatullah Bapak  Mochtar Naim (89 th) pukul 11.01 WIB di RSUI Depok. Mohon dimaafkan segala dosa dan khilaf beliau.

Ungkapan duka itu ditulis oleh pamong senior sekaligus wartawan senior Wardas Tanjung di Facebooknya

Sumbar kembali kehilangan tokohnya. Rasanya tidak ada yang tidak kenal dengan Mochtar Naim.

Dan kabar duka ini cepat meluas di berbagai grup medsos, termasuk beberapa grup WhatsApp.



Siapa Mochtar Naim?

Dikutip dari berbagai sumber Dr. Mochtar Naim, M.A. lahir di Nagari Sungai Penuh, Kerinci, Jambi, 25 Desember 1932. Almarhum merupakan antropolog dan sosiolog Indonesia. Selain sebagai sosiolog ternama, Mochtar Naim tampil ke muka sebagai ahli Minangkabau. Dalam beberapa seminar dan tulisan-tulisannya, Mochtar kerap membagi budaya Nusantara kepada dua konsep aliran. Polarisasi budaya yang digambarkan Mochtar adalah konsep budaya yang bercirikan sentrifugal yang diwakili oleh budaya M (Minangkabau), berlawanan dengan konsep budaya sentripetal-sinkretis yang diwakili oleh budaya J (Jawa). Mochtar pernah dipercaya menjadi Anggota DPD-RI periode 2004-2009 mewakili Sumatra Barat.

Ibunya berasal dari Banuhampu, Agam, Sumatra Barat. Di nagari tersebut, Mochtar sekolah hingga merampungkan SLA-nya di Bukittinggi.

Ia melanjutkan studi sarjananya ke tiga universitas sekaligus, Universitas Gadjah Mada, PTAIN, dan Universitas Islam Indonesia, yang kesemuanya di Yogyakarta. Kemudian studi masternya dilanjutkan di Universitas McGill, Montreal. Melengkapi jenjang pendidikannya, Mochtar mengambil gelar PhD-nya di University of Singapore.

Mochtar tercatat sebagai pendiri Fakultas Sastra Universitas Andalas, 1980, dan sejak itu ia menjadi dosen sosiologi universitas yang sama. Sebelum itu ia pernah duduk sebagai Direktur Pusat Latihan Penelitian Ilmu-ilmu Sosial Universitas Hasanuddin di Makassar, dan Direktur Center for Minangkabau Studies, Padang.

Selamat jalan Pak Mochtar Naim. Teruslah ke surga. (***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved