arrow_upward

1 Agustus tak Jadi Kadis Lagi, Orang Kementerian KP Sebut Yosmeri seperti Teh Botol Sosro

Sabtu, 14 Agustus 2021 : 15.49
Yosmeri.

Padang, Analisakini.id-Yosmeri terhitung 1 Agustus 2021 tak lagi menjadi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar. Pimpinan sementara dipegang oleh Desniarti, Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan menjadi Plt. Kadis.

Yosmeri sendiri genap berusia 60 tahun pada Januari 2022 dan Februari 2022 seharusnya tak masuk lagi, tapi dipercepat enam bulan. Ada apa? Banyak anggapan muncul tapi itulah dunia.

Ditelusuri, tidak ada masalah. Kabar didapat Yosmeri sendiri yang mengajukan pensiun. Apalagi dia sudah 14 tahun menjadi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar. 

"Saya mengajukan pensiun kepada Gubernur, Alhamdulillah disetujui,"kata Yosmeri.

Dia mengajukan permohonan pensiun secara resmi pada 23 Juni 2021. Lalu menghadap Gubernur untuk menyampaikan rencana itu. Awalnya Gubernur terkejut. Namun setelah dijelaskan alasannya, Gubernur Sumbar memahami sekaligus menyetujui.

"Meski surat permohonan saya buat tanggal 23 Juni, saya mohon kepada Gubernur, terhitung 1 Agustus 2021 tak masuk lagi dan Gubernur menyetujui,"sebut Yosmeri.

Karena tanggal 1 Agustus bertepatan dengan hari libur (Minggu), Senin (2/8/2021), Yosmeri masuk kantor untuk pamit dengan jajaran Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar.

Setelah disetujui Gubernur, lantas Gubernur membentuk panitia seleksi untuk jabatan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar itu yang diketuai Pj. Sekdaprov Benny Warlis. Sebulan setelah Yosmeri mengajukan pensiun, tepatnya 23 Juli 2021 resmi dibuka pelelangan jabatan tersebut.


24 Tahun Jadi Kadis KP

Yosmeri dilantik sebagai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar pada 26 Agustus 2007 oleh Gubernur Sumbar Gamawan Fauzi.

Di era Gubernur dijabat Marlis Rahman, Yosmeri tetap dipercaya. Bahkan di era Gubernur dijabat Irwan Prayitno selama dua periode, Yosmeri tetap di sana. Di masa Pj. Gub Reydonnyzar Moenek (Agustus 2015-Februari 2021) dan Hamdani (Februari 2020), Yosmeri tidak beranjak dari kursi Kadis Kelautan dan Perikanan Sumbar.

Lantaran terlalu lama menjabat Kadis Kelautan dan Perikanan dengan enam gubernur, setiap Yosmeri rapat di Kementerian Kelautan dan Perikanan RI di Jakarta, guyonan pun muncul.

"Pak Yosmeri ini seperti teh botol Sosro," kata pejabat Kementerian KP RI kepada Yosmeri.

Yosmeri pun bingung apa maksudnya.

"Itu lho.... apapun makanannya, minumnya tetap teh botol Sosro. Siapapun gubernurnya, Kadis Kelautan dan Perikanan tetap Yosmeri," ujar pejabat.

Yosmeri dan pejabat itu serta yang lainnya tertawa.

Bahkan disebut pula di Indonesia juga tidak ada yang selama itu menjadi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan. Hanya dari Sumbar saja.

Sebelum mengabdi di Sumbar, Yosmeri juga menjadi Kadis Kelautan dan Perikanan Pesisir Selatan selama 6 tahun dan di Agam selama 4 tahun dengan jabatan yang sama. Dengan kata lain, Yosmeri sudah 24 tahun menjadi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan. Wow. Rasanya tak ada menyaingi. 

"Plong rasanya. Saya ingin bermain sama cucu lagi," katanya.(Effendi)


Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved