arrow_upward

Surya Tri Harto: Putra Tanah Datar Kelahiran Solok Menjadi Vice President Pertamina

Rabu, 28 Juli 2021 : 11.49

 

Surya Tri Harto.

Padang, Analisakini.id- Dari Namanya, orang bakal menduga dia orang Jawa. Padahal Ir. Surya Tri Harto, MT, MBA adalah orang asli Solok yang memulai kariernya di PT Pertamina pada 1994 dan kini menjabat sebagai Vice President PT Pertamina.

“Saya kelahiran Solok, dibesarkan  di Solok. Baru meninggalkan Solok ketika kuliah. Sementara kampung di Jorong Batu Panjang, Nagari Koto Laweh Kecamatan X Koto Tanah Datar. Anak Kemenakan dari Dt Rangkayo Mulia. Suku saya Guci, dan kini bagala Sutan Rajo Bungsu,” ujarnya sambil tertawa saat ditanya soal namanya yang berbau Jawa itu, Rabu (28/7/2021).

Penjelasan Surya Tri Harto besar artinya apalagi pria yang akrab dipanggil Oyon oleh teman dan adik-adik alumninya kini tengah menjadi perhatian. Warga Kota Padang yang melewati jalan Sudirman (depan Bank Indonesia), Jalan Khatib Sulaiman (depan Masjid Raya Sumbar), Jalan Hamka (depan Basko Grand Mall) dan Jalan Dr. M. Hatta (persimpangan jalan menuju Kampus Unand Limau Manis) bakal menyaksikan baliho besar STH FOR IKA UNAND 1.

Baliho-baliho berukuran besar itu berhasil memantik tanya. Sebagian mengira STH sudah ambil ancang-ancang untuk pencalonan pada 2024. “Itu pekerjaan adik-adik KATUA yang ingin menunjukkan kegembiraan sekaligus dukungan mereka terhadap seniornya. Muchdian Muchlis Angkatan 98 mengkoordinir kawan dan juniornya. Secara tidak langsung mereka pun ingin menggebyarkan Kongres IKA Unand ke-6 dan pemilihan Ketua Umum IKA Unand periode 2021-2025,” kata Surya Tri Harto.

Muchdian Muchlis, saat ditanya membenarkan  Surya Tri Harto (STH) tengah diusung Keluarga Alumni Teknik Universitas Andalas (KATUA) sebagai calon Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unand periode 2021–2025. “STH jadi yang pertama kali didaftarkan ke Sekretariat IKA Unand pada 5 Juli 2021 lalu. Ini membuktikan besarnya dukungan dan kesiapan STH sebagai Ketua Umum IKA Unand 2021-2025,” tegas pria yang akrab dipanggil Aan ini.

Anak dari alm Prof. Dr. H. Muchlis Muchtar ini mengungkapkan betapa STH dimunculkan KATUA dalam Pemilihan Ketua Umum IKA Unand pada 7 Agustus 2021 lantaran melihat lakek tangan-nya selama ini. STH sudah Sejak di kampus, STH pernah menjadi Ketua Senat Mahasiswa periode 1987–1990. 

Setelah meraih gelar sarjana, STH melanjutkan pendidikan S-2 Manajemen Proyek di Universitas Indonesia (UI) pada tahun 1998 dan S-2 Master of Business Administration di Universitas Gadjah Mada (UGM) pada  2005.

Dalam karirnya, STH memulai pekerjaannya sebagai asisten manajer di bidang pemasaran pada  2005. Tahun berikutnya, ia naik menjadi manajer junior di bidang pengembangan sistem dan operasi serta pengembangan bisnis aviasi.

Pada Januari 2009 hingga Oktober 2013, ia menjadi manajer regional Jakarta. Setelah itu, STH bertugas sebagai manajer jaminan kualitas dari Oktober 2013 hingga Juni 2019.

Sejak Juni 2019, Surya Tri Harto sudah menyandang status sebagai manajer senior. Selanjutnya, ia menjabat sebagai Vice President Ship Chartering & Performance dari September 2019 hingga Oktober 2020. Kini, ia menjabat sebagai Vice President Product & Petrochemical Operation Shipping Co. sejak Oktober 2020 hingga sekarang.

Dalam organisasi, STH memimpin KATUA selama dua periode sejak 2005 hingga 2015. Setelahnya, ia menjadi Ketua Dewan Pakar KATUA periode 2015–2020. Tahun 2016 – 2021 STH dipercaya menjabat sebagai Wakil Ketua Umum/Ketua Harian IKA UNAND yang laporan pertanggungjawabannya diterima tanpa syarat oleh Kongres ke-6 IKA Unand pada Sabtu 24 Juli 2021.

Dalam kongres tersebut, beberapa DPD IKA Unand menyebut-nyebut nama Surya sebagai sosok yang mau turun ke DPD. Meski sebagai Ketua Harian, Surya terlihat peran aktifnya untuk membentuk DPD baru dan menyemangati DPD bahkan DPC agar berkontribusi nyata terhadap alumni dan terhadap daerah dimana alumni berdomisili. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved