arrow_upward

Guspardi Gaus Dukung Upaya PB PGAI Upayakan Pendiri Yayasan Dr. H. Abdullah Ahmad Jadi Pahlawan Nasional

Senin, 26 Juli 2021 : 16.18

 

Drs. H. Guspardi Gaus, M.Si

Padang, Analisakini.id-Anggota DPR dari Fraksi PAN Guspardi Gaus mendukung penuh upaya pengurus Besar (PB- PGAI)  untuk mewujudkan Dr. H. Abdullah Ahmad sebagai Pahlawan Nasional. 

Hal itu disampaikan Guspardi saat memberikan sambutan dalam acara Ziarah dan tabur bunga ke makam  pendiri PGAI, Dr. H. Abdullah Ahmad yang wafat tahun 1933 silam. 

Acara yang digelar di TPU Seberang Palinggam, Padang, Minggu (25/7) itu juga dihadiri oleh Ketua Umum Pengurus Besar (PB) PGAI Fauzi Bahar, dan Pembina PGAI Mayjen TNI (Purn) Syamsu Jalal dan pengurus serta alumni PGAI lainnya.

Menurut Guspardi, jasa almarhum dalam memperjuangkan pendidikan sangat luar biasa. Selain PGAI, aset yang dibangun Dr. H. Abdullah Ahmad yaitu Adabiah yang berlokasi di pusat kota, yaitu di Pasar Baru Padang.

Politisi PAN yang juga merupakan Ketua Dewan Pertimbangan PGAI ini mengataka, perjuangan beliau sangat luar biasa mencerdaskan kehidupan bangsa. Asetnya bukan di pinggiran, tetapi di pusat kota. 

"Maka dari itu, kita akan perjuangkan ke depannya beliau menjadi Pahwalan Nasional", tegas Legislator dapil Sumbar 2 itu. 

Sebagaimana diketahui, semua persyaratan untuk menjadi Pahwalan Nasional itu sudah terpenuhi. Tinggal prosesinya yang disiapkan dari bawah, mulai dari walikota, lanjut ke gubernur, dan pemerintah pusat.

Anggota Komisi II DPR ini menjelaskan semua bukti sejarah tersebut sangat meyakinkan. Dengan begitu, panitia nantinya akan lebih mudah  untuk melanjutkan langkah-langkah yang direncanakan.

Sementara itu, Ketua Umum PB PGAI Fauzi Bahar menjelaskan Dr. H Abdullah Ahmad lahir pada 1888. Di tengah kondisi Indonesia terjajah saat itu, beliau mendirikan PGAI pada 1920. Saat itu beliau masih berusia 32 tahun. Tak hanya itu, negeri juga masih dalam keadaan terjajah.

Fauzi mengajak agar segenap keluarga besar bisa meneruskan perjuangan almarhum untuk membesarkan nama PGAI. Nantinya, kata Fauzi, Dr. H. Abdullah Ahmad akan diupayakan sesegera mungkin mendapat gelar Pahlawan Nasional. 

Selanjutnya Pembina PGAI Mayjen TNI (Purn) Syamsu Jalal berharap agar seluruh keluarga besar PGAI meneruskan jihad dari Dr. H. Abdullah Ahmad. Ziarah ini untuk mengenang bagaimana perjuangan beliau agar Islam di Sumbar bisa berkembang dengan baik. 

"Kita berjihad. Semuanya kita doakan, apa yang kita lakukan sekarang ini adalah melanjutkan jihad dari Dr. H. Abdullah Ahmad," ujarnya. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved