arrow_upward

Alhamdulillah, APBN 2021 di Sumbar Berhasil Menahan Kontraksi Ekonomi, Semoga Berlanjut

Senin, 12 Juli 2021 : 10.19

 

Kakanwil DJPb Sumbar Heru Pudyo Nugroho sampaikan materi.

Padang, Analisakini.id-Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sumbar Heru Pudyo Nugroho menyampaikan secara umum secara umum APBN sudah bekerja keras dan berhasil menahan kontraksi ekonomi lebih dalam akibat tekanan pandemi Covid-19 dengan upaya akselerasi belanja pemerintah di 2021.

Dia menyebutkan salah satu indikatornya terlihat dari pertumbuhan ekonomi Sumbar pada triwulan I 2021 adalah -0,18 persen lebih baik dibandingkan triwulan IV 2020 sebesar 2,23 persen dan diperkirakan akan terus melanjutkan tren positif di triwulan II 2021.

Heru menjelaskan APBN 2021 difokuskan untuk melanjutkan penanganan pandemi dan memperkuat pemulihan ekonomi melalui realokasi ke belanja produktif dan penguatan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Disebutkan juga dalam keterangan pers Senin (12/7/2021) secara virtual, kinerja ekonomi Sumbar masih melanjutkan fase pemulihan terlihat dari konsumsi masyarakat yang mulai meningkat.

Yang jelas sambung Heru, pemerintah terus mendorong momentum pemulihan ekonomi dengan tetap waspada risiko Covid-19 yang masih menimbulkan ketidakpastian yang tinggi.

"Kanwil DJPb Sumbar terus pula melakukan upaya dan sinergi dengan stakeholder terkait untuk mendorong percepatan belanja K/L serta penyaluran DAK fisik dan Dana Desa. Insyaallah dengan sinergis dan kebersamaan kita dalam menangani Covid-19 di Sumbar, APBN yang dialokasikan untuk berbagai sektor bisa terealisasi sesuai harapan kita bersama, " tutup Heru. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved