arrow_upward

Mengenal Calon Sekdaprov Sumbar, Yozarwardi Usama Putra, Sang Spesialis Kehutanan

Jumat, 18 Juni 2021 : 11.50

 

Yozarwardi Usama Putra

Padang, Analisakini.id-Yozarwardi Usama Putra, Kepala Dinas Kehutanan Sumbar termasuk satu dari delapan nama yang lolos seleksi calon Sekdaprov dan hingga kini proses seleksinya masih berlangsung. Bagaimana peluang alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) ini dalam perebutan kursi Sekdaprov Sumbar.

"Delapan nama yang lolos tes pembuatan makalah, punya peluang yang sama. Nanti setelah wawancara segala aspek oleh tim pansel yang berjumlah tujuh orang, akan jelas hasilnya. Siapa yang bagus dan terbagus,' kata Ketua pansel calon Sekdaprov Sumbar Hamdani.

Merujuk kepada pengumuman hasil tes pembuatan makalah, Yozarwardi berada di posisi kelima, setelah Hansastri (Kepala Bappeda Sumbar), Adib Alfikri (Kadis Pendidikan Sumbar), Andri Yulika (staf ahli walikota Padang) dan Maswar Dedi (Kepala DPMPTSP Sumbar).

Namun hasil tes pembuatan makalah, bukanlah menjadi jaminan. Itu hanya mengerucutkan jumlah calon yang bakal ikut tes selanjutnya. Yang  menentukan adalah tes kompetensi yang dilakukan BKN RI dan tes wawancara yang dilakukan tim pansel, sebelum dikirim ke pusat.

Nah, dari sisi kompetensi, Yozarwardi boleh dikata cukup mumpumi. Meski baru membidangi soal kehutanan sejak bertugas di Kabupaten Pasaman sampai di Provinsi Sumbar, tapi kapasitas leadership dan membangun koneksi diakui.

Sebelum menjadi Kepala Dinas kehutanan Sumbar, Yozardi adalah Sekretaris di dinas tersebut. Dan sebelumnya lagi adalah Kepala Dinas Kehutanan Pasaman dan di kabupaten ini, cukup lama mengabdi.

"Benar spesialis kehutanan, tapi soal tertib administrasi tidak bisa dikecoh. Beliau teliti. Dan ini menjadi modal untuk menampaki posisi Sekdaprov yang dituntut harus menguasai administrasi di samping leadeship," kata seorang pamor senior yang enggan ditulis namanya. Takut dibilang pula tim sukses Yozarwardi.

Ada pula yang berpendapat secara chemistry cocok dengan Gubernur Sumbar Mahyeldi. Soalnya Gubernur Mahyeldi yang juga seorang ustadz itu akrab disapa Buya dan dikenal 'siak', ternyata di jajaran komunitas kehutanan, Yozarwardi juga dikenal 'siak' disapa dengan sebutan ustadz. Siak adalah sapaan kepada seseorang yang alim (atau ulama) di ranah Minang.

Selain itu, nilai plus juga bagi Yozarwardi, alumni IPB di Sumbar makin kuat dan kompak. Apalagi salah seorang alumni IPB kini jadi Wagub Sumbar, Audy Joinaldy. Sedikit banyaknya tentu didengar juga. Korp IPB ini bisa menambah nilai Yozarwardi.

Dalam setiap kesempatan, Wagub Audy Joinaldy mengatakan segan dan menghormati Gubernur Mahyeldi dan disadari pula posisinya hanya orang nomor dua. Sebaliknya Gubernur Mahyeldi juga demikian. Segan pula kepada Wagub Audy Joinaldy. Selalu berkomunikasi dengan Wagub Audy Joinaldy dan selalu berbagi tegas.

Dengan kata lain, Yozarwardi cocok dengan Gubernur Mahyeldi dan pas pula dengan Wagub Audy Joinaldy. Ini adalah modal dalam menjalankan roda pemerintahan. 

Pejabat yang punya link kuat dengan pemerintah pusat dengan jaringan IPB ini, secara kepangkatan juga sudah senior, IV d. Usia terbilang masih muda, kelahiran 6 April 1969.

Tapi itu baru dilihat dari sisi lain. Sedangkan indikator lain seperti tes kompetensi dan tes wawancara, jelas ukurannya. Dan hasilnya belum tahu kita. Yang tahu hanya tim pansel. Mau tahu hasilnya? Ya, tanyakanlah kepada tim pansel, mudah-mudahan dapat bocoran. (effendi)


Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved