arrow_upward

Gelar Sangsako untuk Kapolda Sumbar Irjen Pol. Drs. Toni Harmanto Sangat Tepat, Ini Alasannya

Senin, 28 Juni 2021 : 20.57
Gubernur Sumbar Mahyeldi bersama Kapolda Toni Harmanto dan istri serta ninik mamak lainnya. (adpim).

Padang, Analisakini.id- Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi menilai Kapolda Sumbar Irjen Pol. Drs. Toni Harmanto adalah sosok yang tegas dalam penegakan keamanan dan ketertiban (Kamtibmas) dan memiliki kepedulian terhadap masyarakat.

Karena itu menurut Dia, sang Kapolda patut untuk diapresiasi dengan penganugrahan gelar Tuanku Rajo Sinaro Basa dari Ninik Mamak Nagari Paninjauan, Kecamatan X Koto, Tanahdatar.

“Banyak persoalan hukum yang beliau selesaikan dengan tegas namun tetap mengedepankan rasa kemanusiaan seperti menyelesaikan persoalan konflik tanah di Padang dan Pasaman sehingga patut diapresiasi,” katanya dalam Acara Penganugerahan Gelar Sangsako kepada Kapolda Sumbar Irjen Pol. Drs. Toni Harmanto di Gedung Serba Guna Nagari Paninjauan X Koto, Senin (28/6/2021).

Mahyeldi menambah, sebenarnya banyak pihak yang ingin memberikan apresiasi pada Kapolda, yang dinilai mampu mengayomi masyarakat itu. Namun Ninik Mamak Nagari Paninjauan yang lebih dahulu mewujudkannya dalam bentuk pemberian gelar.

“Kita mengucapkan selamat dan mendoakan Kapolda nantinya bisa mengayomi masyarakat tidak hanya di Sumbar, tetapi lebih luas masyarakat Indonesia,” katanya.

Bersamaan dengan anugrah gelar kepada Kapolda itu, sang isteri Yesika Toni Harmanto juga mendapatkan anugerah gelar Rangkayo Siti Aminah.

Kegiatan penganugerahan gelar itu dilaksanakan pada rangkaian acara Batagak Pangulu, yang dihelat KAN Paninjauan.

Lima orang yang dilewakan memangku gelar adat yakni, H. Dasrial Syamsuar Lc Dt Saidi Dirajo, Arya Kurniawan SE Dt Marajo, Zulfahmi Dt Rajo Putiah, Sudarman, SH Dt Malano Basa Nan Sati dan Muhammad Fadli Dt Pangulu Basa.

Sementara itu, Wakil Bupati Tanahdatar, Richi Aprian mengucapkan selamat kepada sang Kapolda dan Istri atas gelar baru yang kini disandang.

“Gelar (gala) sangsako merupakan gelar kehormatan yang diberikan kepada seseorang yang berjasa dan berprestasi mengharumkan Minangkabau, agama Islam, bangsa dan negara serta bermanfaat bagi masyarakat Minangkabau,” katanya.

Sementara itu, Kapolda Irjen Pol Toni Harmanto menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada dirinya.

“Ini adalah bentuk kepercayaan kepada kami, semoga amanah ini dapat kami jalankan dengan menjadi Ninik Mamak yang bisa bersikap adil sehingga bisa meletakkan hukum pada tempatnya,” ujarnya.

Anugerah gelar sangsako itu diberikan karena keberhasilan Kapolda dalam menjaga kamtibmas dan menjaga syiar agama dengan memberikan teladan kepada anggota dan seluruh masyarakat untuk mengerjakan shalat berjamaah di masjid bagi kaum laki-laki. (rel)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved